wisata-kaltara

Ribuan Kosmetik Ilegal Dimusnahkan

Tuesday, December 4th 2018. | Ekonomi & Bisnis, Headline, Hukum & Kriminal, Tarakan
  • BPOM: Semua Produk yang Diamankan Tidak Memiliki Izin Edar

Kepala Badan POM wilayah Kaltara bersama dengan Stakeholder menunjukan barang ilegal yang diamankan, Selasa (04/12).

Tarakan, MK – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Wilayah Kalimantan Utara melakukan penyitaan dan pemusnahan ribuan barang ilegal yang disita dari 13 toko dari berbagai tempat di kota Tarakan.

Kepala BPOM Wilayah Kalimantan Utara, Mustofa Anwar mengungkapkan dari dua kali penertiban, pihaknya telah mengamankan barang ilegal sebanyak 159 item produk dan 1.264 buah jenis kosmetik diantaranya, pemutih wajah, Sabun cair, shampoo, Lipstik, Make up dll. dari seluruh barang ilegal yang berhasil diamankan ditaksir senilai Rp. 37.813.500.

“Dari hasil penertiban kita berhasil mendapatkan beberapa kosmetik yang tidak memiliki izin edar (TIE), seharusnya semua produk yang beredar di wilayah Indonesia harus teregistrasi dari badan POM sebagai sarana prodak tersebut layak dan aman untuk di gunakan”. ungkap Mustofa.

lebih lanjut Mustofa mengungkapkan, semua jenis produk yang telah diamankan akan dilakukan pembinaan kepada pemilik toko untuk tidak menjual produk yang sama yang tidak memiliki izin edar bersama dengan stakeholder yang ada di kota Tarakan, baik dari pihak Disperindakop kota Tarakan, Polres Tarakan dan Dinas Kesehatan, mayoritas produk yang disita tersebut berasal dari malaysia, Taiwan dan dari Indonesia sendiri.

“Barang yang disita ini mengandung bahan berbahaya, produk yang tanpa izin edar tidak dijamin keamanannya, salah satunya adalah produk yang mengandung hidroginon (HG/Mercury) yang sangat berbahaya bagi kesehatan”, terang Mustofa.

Mustofa Anwar menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati menggunakan produk yang tidak memiliki registrasi dari badan POM agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Sementara itu, Kepala Disperindagkop dan UKM Kota Tarakan Tajuddin Tuwo mengaku tidak memiliki kapasitas untuk mengomentari barang ilegal yang di datangkan para pelaku usaha inpor tersebut merupakan kewenangan Disperindakop Provinsi Kalimantan Utara.

“Saya tidak bisa mengomentari jika terkait perizinan karena ini sudah bukan ranah kami tetapi sudah menjadi ranah Disperindagkop Provinsi, tetapi pada dasarnya kami sangat mendukung langkah BPOM yang melakukan penertiban barang ilegal yang membahayakan masyarakat,” ungkap Tajuddin.

Salah satu penjual yang barangnya di sita, Hendra mengaku tidak mengetahui pasti barang dagangannya tidak teregistrasi dan tidak memiliki izin edar, dirinya mengaku mendapatkan barang tersebut dari sales yang ada di kota Tarakan.

“kami tidak tahu kalo bawang tersebut berbahaya dan tidak memiliki izin, kami hanya membeli dari sales yang ada di Tarakan,” ungkap Hendra.

Hendra mengaku, mengetahui barang dagangannya tidak memiliki izin edar dari petugas Badan POM saat dilakukan penertiban, kelak Hendra mengatakan tidak akan menjual lagi produk yang sama dan tidak memiliki izin edar.

Seluruh barang ilegal tersebut saat ini diamankan dan di musnahkan didepan pemilik toko dengan cara di larutkan dalam air. (Rz/MK*)

tags: ,

Related For Ribuan Kosmetik Ilegal Dimusnahkan