wisata-kaltara

Rusun dan Rusus untuk MBR juga Dibangun

Thursday, September 6th 2018. | Advertorial, Tanjung Selor

Gubernur Kaltara: Dr. Ir. H Irianto Lambrie

TANJUNG SELOR, MK – Tak hanya Rumah Susun (Rusun) bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN), tahun ini pemerintah juga membangun Rusun bagi masyarakat. Utamanya, Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Setelah sebelumnya sudah dibangun di Tarakan dan Nunukan, Rusun untuk MBR juga dibangun di Tanjung Selor, Bulungan.

Disampaikan Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie, sesuai informasi dari Satker Penyediaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, tahun ini disamping Rusun untuk ASN, Kaltara juga mendapat jatah pembangunan Rusun bagi MBR di Kabupaten Bulungan.

Pembangunan Rusun untuk MBR di Tanjung Selor, tepatnya di Jalan Sengkawit, Kelurahan Tanjung Selor Hilir, kini sudah mencapai 40-an persen. Ditargetkan akhir tahun selesai. “Laporannya, dari bangunan 3 lantai yang direncanakan, sudah 2 lantai yang terbangun,” kata Irianto.

Rusun tersebut, nantinya bisa menampung 42 unit setara rumah tipe 36. “Teknis pengelolaannya nanti akan diatur kemudian. Kemungkinan besar melalui pemerintah kabupaten,” ungkap Gubernur.

Dikatakan Irianto, pembangunan Rusun MBR dilakukan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sementara lahan yang disiapkan oleh masing-masing pemerintah kabupaten dan kota. ”Untuk Rusun MBR di Bulungan, luas lahannya sekitar setengah hektare,” imbuh Irianto.

Selain Rusun untuk MBR, tahun ini melalui Kementarian PU juga memprogramkan membangun Rumah Khusus (Rusus) bagi MBR. Rusus MBR dibangun di Sembakung, Nunukan. Rumah sebanyak 50 unit ini, nantinya diperuntukkan bagi masyarakat terkena dampak banjir di Kecamatan Sembakung. “Saat ini pembangunan Rusus MBR bagi warga Sembakung yang terkena dampak banjir pembangunannya sudah mencapai 65 persen. Ditargetkan juga selesai akhir tahun,” tutup Gubernur.(humas)

tags: ,

Related For Rusun dan Rusus untuk MBR juga Dibangun