wisata-kaltara

Santri Harus Jadi Perekat dan Pemersatu Bangsa

Thursday, October 18th 2018. | Advertorial, Tanjung Selor

HARI SANTRI : Wagub Kaltara H Udin Hianggio memimpin upacara peringatan Hari Santri Nasional ke-5 dan pelepasan Kontingen Pramuka Santri Nusantara di Halaman Masjid Agung Istiqamah, Rabu (17/10).

TANJUNG SELOR, MK – Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Utara (Kaltara) H Udin Hianggio memimpin upacara peringatan Hari Santri Nasional ke-5 di Halaman Masjid Agung Istiqamah, Rabu (17/10). Upacara tersebut dirangkai dengan pelepasan 56 orang kontingen Pramuka Santri Nusantara dari Kaltara yang akan mengikuti Perkemahan Santri Nasional di Provinsi Jambi.

Menurut Wagub, seorang santri harus menjadi perekat dan pemersatu bangsa. Pasalnya, santri dapat memberi manfaat kepada orang banyak untuk mengatasi tantangan zaman. “Apalagi saat ini perkembangan teknologi informasi begitu cepat sehingga semua orang harus menyesuaikannya,” kata H Udin. Hadir dalam upacara tersebut, Kapolda Kaltara Brigjen Pol. Indrajit, Wakil Ketua DPRD Kaltara H Abdul Djalil Fatah dan Bupati Bulungan Sudjati.

Tidak hanya itu, berkaitan dengan pramuka santri, Wagub menuturkan kecakapan hidup dan karakter adalah identitas pramuka. Karena itu ia juga berpesan, agar saat di Jambi dapat membawa nama baik Kaltara. “Kalian harus memberikan manfaat serta pengaruh besar bagi kesejahteraan masyarakat. Bukan mementingkan diri sendiri. Karena itu landasan iman dan takwa menjadi hal utama yang harus dikerjakan,” jelas H Udin.

Untuk mewujudkan itu, lanjut Wagub, semua pramuka santri harus benar-benar dan bisa mengamalkan nilai yang terkandung dalam Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

“Mari kita semua, mulai dari pemimpin pesantren memberikan keteladanan bagi para santri agar kelak menjadi calon pemimpin yang kita harapkan pada masa yang akan datang dan bisa membawa bangsa ini kedepan agar lebih baik dan lebih maju,” ujarnya.

Tugas orang tua, adalah menanamkan praktek bangsa bagi generasi penerus muda khususnya santri pramuka. Oleh sebab itu, selama kegiatan perkemahan maka kontingen Kaltara harus berinovasi lewat kreasi kegiatan sehingga mampu meningkatkan nasionalisme dan cinta tanah air dengan memperluas jalinan dengan pramuka santri dari daerah lain.(huma)

tags: , ,

Related For Santri Harus Jadi Perekat dan Pemersatu Bangsa