Satu Anggota Polda Kaltara Terindikasi Positif Narkoba

Senin, November 19th 2018. | Headline, Tanjung Selor

TES URINE: Tampak personel Polda Kaltara menjalani tes urine di Mako Polres Bulungan, Senin (19/11)

TANJUNG SELOR, MK – Ratusan personel Kepolisian Daerah (Polda) Kaltara mengikuti tes urine secara mendadak yang dilakukan oleh Bidang Propam Polda Kaltara bekerjasama dengan Bidang Dokter dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Kaltara. Tes urine secara mendadak itu dilakukan usai anggota melakukan apel pagi.

Kepada Metro Kaltara, Kabid  Prompam Polda Kaltara, AKBP Dearystone Mchael Hence Royke Supit mengatakan, hasil dari tes urine tersebut, satu anggota Polda terindikasi positif menggunakan narkoba jenis sabu. Namun, identitas polisi itu dirahasiakan karena masih akan didalami. “Hasilnya dari 165 anggota yang melaksanakan tes urine, ada satu anggota yang positif narkoba,” ujarnya Senin (19/11).

Mantan Kapolres Tarakan ini menuturkan tes urine sengaja dilakukan secara mendadak agar tidak ada kesiapan dari anggota untuk menghindar atau mempersiapkan diri. Untuk personel yang terbukti positif narkoba, lanjutnya, akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Apakah hanya sebagai pemakai atau juga sebagai kurir, ia belum bisa memberikan penjelasan lebih jauh. Tes urin kali ini, kata dia, hanya ada 1 parameter untuk mengetahui kandungan anfetamin.

“Kalau untuk sementara, hanya positif menggunakan sabu. Kalau untuk keterlibatan apakah juga sebagai kurir, nanti kita lihat hasil pemeriksaannya,”ungkapnya.

Sementara itu, untuk personel Polda Kaltara yang terbukti positif menkonsumsi sabu, akan di tangani oleh Biddokkes Polda Kaltara untuk menjalani rehabilitasi. Hal itu dilakukan, apabila nantinya, personel tersebut merasa kecanduan, bisa di kurangi dengan adanya bimbingan kesehatan.

“Kalau dari kita, tentu pemeriksaan terus berjalan, rehabilitasi pasti akan kita lakukan. Supaya, untuk mengurangi efek kecanduan bagi si pengguna ini,”beber, Kabid Dokkes Polda Kaltara, AKBP dr. Effri Susanto

Kabid Prompam Polda Kaltara, AKBP Dearystone Michael Hence Royke Supit (tengah) didampingi Kabid Humas Polda Kaltara AKBP Berlyando (kiri) dan Kabid Dokkes Polda Kaltara, AKBP dr. Effri Susanto (kanan)

Selain Polda Kaltara menggelar pemeriksaan urine secara mendadak, Bidang Propam Polres Bulungan juga melaksanakan kegiatan yang sama. Hanya saja, waktu pemeriksaan kepada personelnya yang berbeda. Untuk hasil tes urine dari anggota polisi Polres Bulungan sendiri, Kasi Propam Polres Bulungan, Aiptu Ashari mengatakan, dari sekitar 80 personel yang diperiksa, semua hasilnya negatif..

Sebenarnya kata dia, pemeriksaan urine untuk personel Polres Bulungan memang tidak sesuai dengan jadwal yang sudah tersusun. Akan tetapi, pemeriksaan yang dilakukan tersebut langsung perintah dari bidang Prompam Polda Kaltara. Sehingga, tidak semua anggota Polres Bulungan yang dilakukan tes urine saat itu juga.

“Alhamdulillah, semuanya negatif. Ini memang sudah perintah juga dan kita laksanakan secara mendadak setelah apel tadi. Sebenarnya jadwal kita bukan hari ini. Makanya dari ratusan anggota, hanya puluhan yang di periksa urinennya. Karena, sebagian anggota ada juga yang mengikuti kegiatan operasi,” terangnya. (ars)

tags: ,

Related For Satu Anggota Polda Kaltara Terindikasi Positif Narkoba