wisata-kaltara
Gambar-Gif

Satu Minggu Kedepan, Tarakan Masih Diguncang Gempa

Tuesday, December 22nd 2015. | Headline, Kaltara, Tarakan
Kepala Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balikpapan, Kaltim, Mujianto

Kepala Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balikpapan, Kaltim, Mujianto

Tarakan, MK – Fenomena yang baru pertama kali akan dirasakan warga Kota Tarakan karena hingga satu minggu kedepan gempa masih mengguncang Bumi Paguntaka. Hal itu disampaikan Kepala Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balikpapan, Kaltim Mujianto kepada Metro Kaltara, Selasa (22/12).

Meskipun demikian, Mujianto menyampaikan gempa susulan hingga satu minggu kedepan diprediksi berskala kecil. Tentunya berdasarkan pengalaman dalam meniliti kejadian gempa utama yang sering terjadi kerap kali diikuti gempa susulan relatif kecil dan perlahan akan habis.

“Paling cepat bisa sampai 1 minggu kedepan masih ada gempa-gempa kecil dengan interval waktu yang agak lama,” ujarnya.

Ia menjelaskan tidak semua gempa dapat dirasakan masyarakat. Batas yang bisa dirasakan diatas 3,8 SR. Sementara untuk gempa yang terjadi di Kota Tarakan dan sekitarnya Selasa pagi, diakuinya berkekuatan 4,8 SR. “Jadi total gempa mulai kemarin (21/12) hingga sekarang sudah tercatat 25 kali dalam dua hari ini,” bebernya.

“Masih ada gempa susulan tapi dengan berjalannya waktu akan habis sendirinya sesuai energi yang disimpan bumi dalam mencari keseimbangan,” lanjutnya. (aras/sti)

tags: ,

Related For Satu Minggu Kedepan, Tarakan Masih Diguncang Gempa