wisata-kaltara

Selamat, Pemulangan Lima Sandera Abu Sayyaf Dikawal 2 KRI

Saturday, April 23rd 2016. | Headline, Hukum & Kriminal, Kaltara, Tarakan
Kelima ABK TB Hendry yang pulang dengan selamat melalui Kota Tarakan.

Kelima ABK TB Hendry yang pulang dengan selamat melalui Kota Tarakan.

Tarakan, MK – Pemulangan lima ABK Tug Boat (TB) Henry dan kapal tongkang Cristy ke Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Sabtu (23/04) berjalan lancar. Semuanya tiba di Bumi Paguntaka julukan Kota Tarakan dalam kondisi selamat sekitar pukul 01:00 dini hari dan baru bisa merapat kedermaga Lantamal XIII sekitar pukul 08:0 Wita.

Awalnya Kepolisian Malaysia, Kamis (21/04) membawa 5 ABK TB Hendry menuju perbatasan Indonesia. “Jumat, (22/04) sekitar pukul 08.Wita semuanya diserahkan ke pasukan TNI yang dipimpin oleh Komando Gugus Tempur Armada Timur (Guspurlatim) Laksamana Pertama TNI I.N.G Ariawan,” ujar Komandan Lantamal XIII Laksamana Wahyudi Dwi Yono kepada Metro Kaltara.

Kemudian pasukan TNI meninggalkan perbatasan bersama lima ABK kapal dengan dikawal KRI Ahmad Yani dan KRI Mandau. Sementara, satu ABK lainnya yang mengalami luka tembak atas nama Lambas Simanungkalit belum bisa dipulangkan karena masih dirawat di Malaisya.

“Satunya belum bisa pulang karena masih dirawat di rumah sakit Tawau Malaysia. Untuk kepulangannya kita belum tau karena masih menunggu imformasi dari pihak perusahaan di Malaysia,” bebernya.

“Selanjutnya mereka akan kita serahkan ke pihak Perusahaan PT. Global Trans Energy setelah dilakukan investigasi dan penggalian imformasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Pengadaan Operasi PT. Global Trans Energy Suharjono mengaku belum belum menerima informasi terkait 4 ABK lainnya yang disandera Kelompok Abu Sayyaf. Kelima ABK yang selamat rencananya akan diserahkan ke keluarganya masing-masing.

“Sampai sekarang pihak perusahaan belum pernah dihubungi oleh Kelompol Abu Sayyaf terkait uang tebusan yang diminta,” akunya. (aras/MK*1)

Nama-nama ABK TB Hendry :

ABK Selamat :

Yohanis Serang (Chief Enginer)

Sembara Oktafian (Second Enginer)

Leonard Bastian (Third Enginer)

Rohaldi (Juru Kemudi)

ROyke Fransy Montolalu (Juru Kemudi)

ABK Masih Disandera :

Mochammad Ariyanto Misnan (Kapten Kapal)

Loren Marinus Petrus RUmawi (Chief Officer)

Dede Irfan Hilmi (Second Officer)

Samsri (Juru Kemudi)

ABK Luka Tembak :

Lambas Simanungkalit (Oiler)

tags: , , ,

Related For Selamat, Pemulangan Lima Sandera Abu Sayyaf Dikawal 2 KRI