Sembilan Jenderal dalam Radar Seleksi Pimpinan KPK

Kamis, Juni 20th 2019. | Nasional

Jakarta: Lampiran surat dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang berisi sembilan nama jenderal pendaftar calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (capim KPK) beredar. Sembilan perwira tinggi (pati) Polri itu berasal dari beragam satuan di Mabes Polri.

Ilustrasi

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengamini para jenderal ini potensial dimajukan ke Panitia Seleksi (Pansel) Capim KPK. Namun, nama-nama ini belum final.

“Di sisi internal kita ada regulasi peraturan Kapolri tentang penugasan khusus. Artinya masih ada tahapan pemeriksaan administrasi secara internal tentang kompetensi, persyaratan-persyaratan lainnya, rekam jejak,” kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 20 Juni 2019.

Dia menuturkan sosok yang dimajukan masih belum pasti hingga penutupan pendaftaran capim KPK, Kamis, 4 Juni 2019. Setelah melewati seleksi internal Polri, nama mereka akan disetor ke Pansel Capim KPK.

“Artinya masih cukup panjang waktunya. Makanya Polri melakukan pemeriksaan secara internal dulu. Terhadap siapa-siapa saja perwira tinggi yang memenuhi persyaratan untuk bisa mengikuti seleksi sebagai calon komisioner KPK,” kata Dedi.

Jumlah jenderal dari jajaran kepolisian yang mendaftar juga masih dapat bertambah. Korps Bhayangkara masih membuka pendaftaran hingga H-1 penutupan pendaftaran capim KPK.

“Apabila nanti sudah selesai, baru kita sampaikan secara pasti. Sekian nama-nama perwira tinggi sudah memiliki kompetensi, persyaratan administrasi yang terpenuhi akan kita kirim ke pansel,” imbuh dia.

Sebelumnya, nama sembilan pati Polri yang mengikuti seleksi capim KPK beredardalam surat Kapolri nomor B/722/VI/KEP/2019/SSDM tertanggal 19 Juni 2019. Surat tersebut ditandatangani Asisten bidang SDM (As SDM) Kapolri Irjen Eko Indra Heri.

Berikut sembilan nama perwira tinggi Polri di dalam daftar tersebut:
1. Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal (Wakabreskrim) Irjen Antam Novambar.
2. Pati Polri penugasan di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Irjen Dharma Pongkerum.
3. Widyaiswara Utama Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Sespim Lemdiklat) Irjen Coki Manurung.
4. Analis Kebijakan Utama bidang Polisi Air Badan Pemeliharaan Keamanan (Polair Baharkam) Irjen Abdul Gofur.
5. Pati Polri penugasan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Brigjen Muhammad Iswandi Hari.
6. Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri Brigjen Bambang Sri Herwanto.
7. Kepala Biro Penyusunan dan Penyuluhan Hukum (Karosunluhkum) Divisi Hukum Polri Brigjen Agung Makbul.
8. Analis Kebijakan Utama Biro Pembinaan Pendidikan dan Latihan (Bindiklat) Lemdiklat Polri Brigjen Juansih.
9. Wakil Kapolda Kalimantan Barat Brigjen Sri Handayani.

(medcom.id)

tags: ,

Related For Sembilan Jenderal dalam Radar Seleksi Pimpinan KPK