Gambar-Gif

Sepekan Gawai, Pengunjung Capai 100 Ribu Orang

Thursday, May 28th 2015. | Ekonomi & Bisnis, Headline
- wisata-kaltara -
Salah satu stand pameran yang menyedot  pengunjung

Salah satu stand pameran yang menyedot pengunjung

Pontianak, Kalbar – Setelah sepekan berlalu, akhirnya Pekan Gawai Dayak 2015 berakhir pada Rabu malam (27/5). Dalam sepekan jumlah pengunjung yang datang sangat fantastis, yaitu mencapai seratus ribu pengunjung.

Hal ini diungkap oleh Ketua Pantia Pekan Gawai Dayak Kalbar ke XXX, Yohanes Nenes SH saat  malam penutupan festival rakyat tersebut. Menurutnya, pengunjung yang datang setiap harinya untuk menyaksikan atraksi budaya maupun pameran bisa mencapai ribuan orang. Jumlah tersebut terus meningkat, hingga puncaknya saat malam minggu tiba dan saat malam penutupan, malam ini.

“Kemungkinan jumlahnya lebih dari itu. Karna diperkirakan malam ini pengunjung tidak akan sepi hingga menjelang tengah malam. Kami sangat senang acara ini berakhir dengan sukses. Ini tidak terlepas dari semua pihak yang sudah membantu,” ucapnya saat diwawancarai usai penutupan. (Baca: Sumpit Balon Buka Pekan Gawai Dayak Kalbar 2015)

Jumlah ini, lanjutnya, naik 10 kali lipat dari jumlah pengunjung tahun lalu. Selain diramaikan oleh berbagai etnis dari berbagai daerah di Kalbar, jadwal Gawai Dayak tahun ini juga diselenggarakan lebih panjang, yaitu selama seminggu penuh.

“Kalau tahun lalu hanya 5 hari. Tahun ini kita ada penambahan kesenian tradisional musik dan tarian Jonggan dari Desa Kayu Yanam Kecamatan Mandor, Kabupaten Landak,” ujarnya.

Pekan Gawai Dayak tahun ini diikuti sedikitnya 152 stand pameran dan kuliner serta mengundang tamu dari negara tetangga, antara lain, Sabah, Serawak, Brunei Darrusallam, Dewan Adat Dayak se-Kalbar, Dewan Adat Dayak se-Kalimantan dan forum Dayak Jakarta.(Lyn)

tags:

Related For Sepekan Gawai, Pengunjung Capai 100 Ribu Orang