wisata-kaltara

Seribu Siswa Sebatik Peringati Hardiknas di Patok 15 Perbatasan RI- Malaysia

Tuesday, May 3rd 2016. | Kaltara, Nunukan
Upacara Hardiknas 2016 yang diikuti 1000 siswa di Perbatasan RI-Malaysia, tepatnya Kabupaten Nunukan, Pulau Sebatik.

Upacara Hardiknas 2016 yang diikuti 1000 siswa di Perbatasan RI-Malaysia, tepatnya Kabupaten Nunukan, Pulau Sebatik.

Nunukan, MK – Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2016 secara serentak dilaksanakan diseluruh penjuru Indonesia. Euforia ini juga terasa di perbatasan Indonesia tepatnya  Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.

Bahkan, sekitar seribu siswa dari berbagai sekolah mulai SD, SMP, SMA di wilayah perbatasan Kecamatan Sebatik mengikuti  upacara Hardiknas yang digelar di patok 15 RI-Malaysia di Bukit Bambangan.

Pemilihan patok 15 sebagai tempat upacara Hardiknas bertujuan untuk menumbuhkan semangat belajar bagi siswa di perbatasan. Tentunya meningkatkan rasa nasionalisme generasi penerus bangsa.

Meskipun jarak yang harus ditempuh menuju tempat berlangsungnya upacara Hardiknas terbilang cukup jauh dengan medan sangat terjal, namun semangat para peserta upacara sangat kuat. “Cukup capek juga, kami berjalan kaki sekitar 3 kilometer agar bisa sampai di Patok 15 dengan melalui jalan setapak dari perkebunan kelapa sawit dan medan berbukit. Tapi kami sangat antusias  untuk mengikuti upacara,” Nani salah satu siswi SMK Negeri Sebatik.

Upacara Hardiknas ini dipimpin langsung oleh Camat Sebatik Barat selaku inspektur upacara yang diikuti dari semua pelajar, unsur muspida dan muspika, TNI, Satgas Pamtas 614 , marinir, Polri beserta tokoh masyarakat.

Sedangkan Camat Sebatik Barat H. Haini menjelaskan generasi penerus bangsa tidak hanya pintar tapi harus tetap  memiliki nasionalis tinggi. Meskipun berada di perbatasan pihaknya tetap tidak tertinggal, namun harus lebih maju dibanding dengan di kota-kota. “Kita ingin para pemuda tak hanya pintar tapi harus memiliki jiwa nasionalis tinggi agar kedepannya bisa berbuat banyak untuk bangsa Indonesia,” tuturnya. (syawal/MK*1)

 

tags: , ,

Related For Seribu Siswa Sebatik Peringati Hardiknas di Patok 15 Perbatasan RI- Malaysia