Siti Aisyah Diputus Bebas di Malaysia

Senin, Maret 11th 2019. | Headline, Hukum & Kriminal, Nasional
  • Menlu Retno: Kebebasan Siti Aisyah Puncak Perjuangan
Siti Aisyah di KBRI Kuala Lumpur usai dibebaskan dari hukuman mati, 11 Maret 2019. (Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id).

Jakarta – Siti Aisyah, terdakwa kasus pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, dibebaskan. Kementerian Luar Negeri RI memastikan mengurus pemulangan Aisyah dari Malaysia ke Indonesia.

“Yang bersangkutan saat ini sedang bersama tim kita di KBRI Kuala Lumpur. (Tim) sedang mengatur pemulangan yang bersangkutan,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di kompleks DPR RI, Jakarta Pusat, Senin, 11 Maret 2019.

Retno mengatakan kebebasan Aisyah merupakan puncak dari serangkaian pendampingan hukum yang diberikan pemerintah Indonesia. Retno bahagia Aisyah dinyatakan tidak bersalah.

“Siti Aisyah telah diputuskan untuk dibebaskan. Ini merupakan satu puncak dari serangkaian panjang yang sudah kita lalui dalam upaya untuk melakukan pendampingan hukum terhadap kasus Siti Aisyah,” pungkas dia.

Sebelumnya, Duta Besar RI untuk Malaysia Rusdi Kirana mengatakan akan secepatnya memulangkan Siti Aisyah. “Kita akan segera memulangkannya ke Indonesia. Kalau bisa hari ini, kita akan pulangkan hari ini juga,” ucap Rusdi di Mahkamah Tinggi Shah Alam, Malaysia, Senin, 11 Maret 2019.

Rusdi mengatakan dakwaan Siti Aisyah dicabut karena tak ada bukti keterlibatannya dalam pembunuhan tersebut. Dia juga yakin Siti Aisyah tidak bersalah.

Siti Aisyah ditangkap otoritas Malaysia pada 15 Februari 2017. Dia dituduh menjadi pelaku penyerangan Kim Jong-nam dengan menggunakan racun VX.

Siti Aisyah mengaku dirinya tidak mengetahui mengenai pembunuhan tersebut. Ia hanya diperintahkan melakukan gurauan atau prank. Hingga saat ini, keterangannya selalu konsisten bahwa dirinya merupakan korban prank.

Sumber: Medcom.id

tags: ,

Related For Siti Aisyah Diputus Bebas di Malaysia