wisata-kaltara

SMSI Gelar Rakernas Perdana

Wednesday, July 26th 2017. | Headline, Kaltara
Surabaya, MK – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Perdana Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di gelar di Ballroom Hotel Harris Jl. Bangka No.8 Surabaya, Jawa Timur. dengan tema “Membangun Industri Media Siber yang Sehat”.
Rakernas kali ini dibuka langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) melalui Staf Ahli Bidang Komunikasi dan Media Massa, DR. Gungun Siswadi.
Dalam Keynote Speech yang berjudul Tantangan Demokrasi dan Pembangunan di Tengah Pertumbuhan Media Siber, mengatakan, Salah satu pilar penting dalam suatu bangsa adalah media, melalui media yang sehat dapat memberikan informasi yang  bermartabat terhadap masyarakat.
Menkominfo menjelaskan, berkembangnya teknologi dan informasi khususnya media internet ditambah semakin meningkatnya pengguna gadget terjadi pergeseran platform madia massa dari media cetak dan elektronik menjadi media digital, online dan media sosial.
Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet  (APJI) menyebutkan, pengguna jasa internet di Indonesia mencapai 132.7 jt orang dengan jumlah total populasi masyarakat indonesia 256.14 jt orang. Meningkat 50 persen sejak tahun 2012.
Sementara itu, Ketua SMSI Pusat Teguh Santosa mengatakan SMSI akan melakukan verifikasi perusahaan media siber yang ada di indonesia.
“Dari seluruh anggota SMSI yang ada di 27 provinsi, dalam waktu dekat akan dilakukan verifikasi perusahaan media siber seluruh indonesia”. ungkap Teguh Santosa.
Lebih lanjut Teguh (sapaan akrab Teguh Santosa) menjelaskan hadirnya SMSI sangat membantu Dewan Pers di daerah, tujuan dari Rakernas ini sekaligus sebagai langkah untuk mendaftarkan diri sebagai anggota dan terdaftar di Dewan Pers.
“Dewan Pers tidak memiliki perwakilan di provinsi, hadirnya SMSI di daerah (provinsi) sangat membantu Dewan Pers dalam melakukan pendataan perusahaan media siber”. terang Teguh.
Teguh berharap semua pihak memilik pandangan yang sama untuk memajukan bangsa ini dan ucapan terima kasih dari semua tokoh pers yang ada di indonesia yang telah mendukung hadir SMSI.
Terpisah, Ketua SMSI Provinsi Kaimantan Utara, Muhammad Reza mengatakan, mendukung sepenuhnya langkah SMSI pusat untuk mendaftarkan SMSI ke Dewan Pers dan memverifikasi perusahaan media online di daerah.
“Langkah positif yang dilakukan SMSI pusat adalah melakukan verifikasi kepada perusahaan media siber, pengurus SMSI Provinsi Kaltara sangat mensupport sekaligus memberikan apresiasi agar verifikasi tersebut berjalan dengan baik dan lancar terutama perusahaan media siber lokal Kaltara”. Ungkap Reza.
Reza berharap pengurus dan pemilik perusahaan media siber di Kaltara dapat mempersiapkan diri sejak dini agar proses verifikasi dapat berjalan lancar dan mudah.
“Tujuan dari verifikasi itu sendiri tidak hanya untuk melihat legalitas dan eksistensi perusahaan media siber akan tetapi jauh lebih penting adalah perusahaan media siber yang terverifikasi dapat memberikan informasi yang akurat, berimbang dan sehat kepada masyarakat”. Harapanya. (MK*)
tags: ,

Related For SMSI Gelar Rakernas Perdana