wisata-kaltara

SMSI Kaltara Desak Pemprov Segera Bentuk KPID

Wednesday, June 14th 2017. | Advertorial, Kaltara, Tanjung Selor

Tanjung Selor, MK – Jajaran pengurus organisasi Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kaltara mendesak Pemprov Kaltara untuk segera membentuk KPID Kaltara, agar sistem penyiaran di Provinsi ke 34 di Indonesia itu bisa ditertibkan, khususnya terhadap penggunaan frekwensi tertentu.

Menurut Sekretaris SMSI Kalimantan Utara, Viktor Ratu, Provinsi Kaltara telah menjadi prioritas Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat untuk menbentuk Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kaltara sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 32 tentang Penyiaran.

Untuk itu kata Viktor, perlu Inisiasi DPRD bekerjasama dengan pemerintah provinsi setempat, mengingat anggaran KPID dibiayai oleh APBD Provinsi.Nantinya DPRD provinsi diharapkan segera membentuk tim panitia seleksi (Pansel), kemudian tim melakukan proses rekrutmen calon komisioner KPID hingga penetapan, minimal proses seleksi diikuti sebanyak 14 orang, tujuh orang ditetapkan sebagai komisioner dan 7 orang cadangan.

Sesuai standar, KPID memiliki 17 program kerja selama satu tahun, salah satunya mengakomodir perizinan frekuensi di daerah, menampung pengaduan masyarakat, pengawasan lembaga penyiaran serta mendorong program penyiaran yang lebih bermanfaat untuk masyarakat.

Untuk itu sambung Viktor, Pemprov Kaltara di yakini cukup memiliki anggaran utk membentuk KPID di Kaltara, dan mampu membentuk KPID tersebut sesegera mungkin, mengingat Komisi penyiaran merupakan salah satu lembaga yang nantinya juga akan menjadi mitra pemerintah, diantaranya, Untuk menertibkan radio yang tdk memiliki ijin.

Untuk perijinan radio ungkap Viktor, Kaltara perlu mendapat kebijakan khususnya di wilayah perbatasan dan wilayah terpencil. Jangan sampai masyarakat lebih mudah mendengar siaran dan radio atau televisi dari negeri tetangga dibanding dengar radio dari dalam negeri.

“Kenapa masalah ini terus kita desan karena menagih wacana pembentukan KPID Kaltara yang telah disuarakan sejak 2016 lalu, “ tegasnya

Selain itu SMSI juga telah menerima masukan pendapat dan keinginan dari insan Pers dan pelaku usaha penyiaran di Kaltara agar KPID segera terbentuk.

“Guna membangun hubungan yang sinergis, SMSI kaltara akan menjalin komunkasi bersama organisasi Profesi jurnalis yang ada di Kalimantan Utara seperti PWI dan ,IJTI untuk mendorong percepatan pembentukan KPID itu, “ pungkas Viktor Ratu.(MK*/One)

 

tags: ,

Related For SMSI Kaltara Desak Pemprov Segera Bentuk KPID