wisata-kaltara

Sofian Raga : Jalan Akik Balak Akan Dilebarkan 22 Meter

Tuesday, September 6th 2016. | Ekonomi & Bisnis, Headline, Tarakan

Pembangunan Beralih Ke Utara, Harapan Masyarakat Mulai Terwujud

Walikota Sofian Raga komitmen lebarkan dan perbaiki jalan-jalan di wilayah Utara.

Walikota Sofian Raga komitmen lebarkan dan perbaiki jalan-jalan di wilayah Utara.

Tarakan, MK –  Demi mewujudkan transportasi arus lalu lintas yang lancar, Pemkot Tarakan melalui Dinas Pekerjaan Umur dan Tata Ruang (DPUTR) akan melakukan pelebaran di Jalan Akik Balak.

Saat ini lebar jalan yang Akik Balak menuju ke Juwata Laut 6 meter sehingga nantinya dilebarkan menjadi 22 meter.

Wali Kota Tarakan Ir. Sofyan Raga mengaku minggu ini pelebaran jalan Akik Balak akan dilaksanakan sehingga akan menyerupai jalan-jalan utama di Kota Tarakan. “Minggu ini baru kita mulai laksanakan, langsung dikerjakan yaitu pelebaran seperti Jalan Mulawarman,” ujarnya kepada Metro Kaltara, Selasa (06/09).

Pengerjaannya mulai dari SMK Negeri 2 hingga di pertigaan Intraca. Bahkan rencananya Jalan Intraca akan dilebarkan menjadi 42 meter dan  ruangnya sudah ada.

Ia menjelaskan bahwa proyek pembangunan ini merupakan multiyear sehingga untuk tahap awal anggarannya mencapai Rp 60 milliar. “Jadi nanti tentu ini sampai 2019. Untuk apa dilakukan pelebaran? Supaya lancar, kalau transportasinya berjalan lancar sektor-sektor lain juga ikut lancar,” bebernya.

Sofyan mengungkapkan pembangunanya diarahkan ke Tarakan Utara karena wilayah Utara merupakan daerah pengembangan kota mengingat wilayah Tarakan Tengah maupun Tarakan Tarakan Barat sudah padat.

“Kalau mau bergeser harus ditunjang jalan yang bagus, kalau jalannya tidak bagus siapa yang mau bergeser kesana. Oleh sebab itu transportasi menjadi penting, jadi mari kita sama-sama mewujudkan transportasi yang bagus termasuk jalan Akik Balak ini,” ajaknya.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) M. Haidir mengungkapkan untuk Jalan Akik Balak produk akhirnya tetap hokmik. Jadi tahap bersamaan dengan  pelebaran  yang 22 meter juga.  Di satu sisi juga pihaknya mengupayakan paling tidak bisa nyaman dilewati pengendara.

“Kan ada beberapa titik yang parah, kita lakukan penanganan emergency lagi sambil untuk yang rencana kedepannya 22 meter juga kita kerjakan. Untuk mulainya hari ini kebetulan informasi alat juga sudah masuk untuk menangani yang eksting dulu,” tuturnya.

Seperti yang diketahu saat ini DPUTR tengah melakukan pembangunan jalan di tiga tempat yaitu Jalan Akik Balak (Persemaian), Jalan Bayangkara (Pasir Putih) dan Jalan Iskandar (Juwata Laut). Diperkirakan  memakan biaya hingga Rp150 millar.

Sedangkan, Andi warga Juata Permai bersyukur Pemkot Tarakan dibawah kepemimpinan Walikota Sofian Raga kini mengarahkan kebijakan pembangunan ke wilyah Utara. (aras/MK*1)

 

tags:

Related For Sofian Raga : Jalan Akik Balak Akan Dilebarkan 22 Meter