wisata-kaltara

Sosok Inspiratif dari Wilayah Pedalaman Malinau

Thursday, September 20th 2018. | Citizen Journalism, Headline, Malinau, Nasional
  • Daud Impung, Kepala Sekolah SMP Berprestasi dan Berdedikasi Peringkat 3 Nasional

Jakarta, MK – Mengabdi di daerah pedalaman dengan segala keterbatasan tak membuat para ASN khususnya guru di Kabupaten Malinau jadi patah semangat dan tak memiliki prestasi. Justru sebaliknya. Berbagai keterbatasan mampu menumbuhkan semangat pengabdian yang pantang menyerah hingga meraih prestasi yang membanggakan.

Adalah Daud Impung, S.Pd, M.Pd salah satu kepala sekolah di Kabupaten Malinau tepatnya di SMPN 1 Malinau Selatan yang mampu meraih prestasi membanggakan yaitu Juara 3 tingkat nasional Kepala Sekolah Daerah Khusus (pedalaman). Perjalanan Daud Impung untuk sampai ke tingkat nasional tentu tidak mudah. Berbagai tahapan dilaluinya mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi hingga Nasional.

“Kompetisi dilaksanakan melalui proses seleksi tingkat kabupaten oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau. Dilanjutkan oleh Disdikbud Provinsi Kaltara dengan menggunakan panduan penilaian kepala sekolah berprestasi dan berdedikasi daerah khusus tahun 2018” ungkap Daud.

Daud menyebut, beberapa ponit penilaian yaitu, Prestasi yg dicapai oleh Kepsek meliputi Penguasaan Kompetensi Kepsek, Karya nyata /inovasi pengelolaan satuan pendidikan yg telah dilakukan dan memiliki nilai manfaat serta berkelanjutan dan portofolio. Point berikutnya adalah dedikasi kepala sekolah yang meliputi, masa pengabdian, kemampuan mengatasi kesulitan dalam pengelolaan sekolah, upaya pengembangan sekolah yg memiliki nilai manfaat bagi masyarakat, usaha kepsek dalam mengantarkan siswa mencapai kemandirian serta peningkatan prestasi.

“Untuk di tingkat nasional, point penilaiannya adalah portolio pribadi kepsek, penilaian karya tulis pengabdian dan pengalaman terbaik (Best practice), penilaian kompetensi melalui tes tertulis, Presentasi, dan wawancara” ujarnya.

Daud juga menjelaskan beberapa inovasi yang telah dilakukan sekolahnya dalam 2 tahun terakhir yaitu pengelolaan sekolah berbasis Lingkungan melalui program Adiwiyata tahun 2016 yang mendapat penghargaan dari Bupati Malinau sebagai sekolah Adiwiyata tingkat SMP Kabupaten Malinau. Inovasi lainnya adalah Pengelolaan sekolah sehat yang mendapat penghargaan juara 3 sekolah sehat tingkat Kabupaten dari Bupati Malinau.

“Ke depan saya mentargetkan dapat mewujudkan SMPN 1 Malinau Selatan sebagai sekolah Adiwiyata dan sekolah sehat tingkat provinsi dan meningkatkan prestasi akademik dan non akademik siswa, guru pegawai dan kepala sekolah.” beber Daud. (Diskominfo/Mln)

tags: , ,

Related For Sosok Inspiratif dari Wilayah Pedalaman Malinau