Sri Mulyani: Banyak Orang Tak Paham soal Utang

Rabu, Januari 30th 2019. | Ekonomi & Bisnis, Headline, Nasional

Jakarta, MK –  Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani berkomentar mengenai isu ekonomi yang sering kali digunakan sebagai alat kampanye. Menurutnya banyak orang yang tidak memahami isu tersebut.

Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)

“Selama masa kampanye seperti sekarang, orang banyak yang masih bingung atau tak memahami apa itu instrumen fiskal,” kata Sri Mulyani di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu, 30 Januari 2019.

Sri Mulyani menyebutkan isu yang kerap kali dilontarkan adalah utang dan rasio pajak. Ia menuturkan, orang-orang yang memainkan isu tersebut tidak memahami bahwa dua hal tersebut merupakan instrumen fiskal.

“Mereka sering kali bingung bahwa intrumen fiskal menjadi obyektif atau dilihat sebagai isu dibandingkan sebagai instrumen fiskal atau alat,” ucap dia.

Lebih lanjut, mantan direktur bank dunia itu juga menjelaskan bahwa utang dan rasio pajak merupakan alat atau instrumen bagi pemerintah untuk menyediakan perbaikan ekonomi dan membuat kesejahteraan rakyat. Selama ini pemerintah sudah menggunakan utang untuk pembangunan infrastruktur dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Rasio pajak dan utang adalah alat atau instrumen bagi pemerintah untuk menyediakan atau meningkatkan perbaikan ekonomi dan membuat kesejahteraan rakyat,” tukas dia.

Tim sukses Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno diketahui selalu memainkan isu utang dan rasio pajak. Pemerintahan Jokowi juga dituding sebagai pemerintah pencetak utang.

Saat ini jumlah utang pemerintah sebesar Rp4.418,3 triliun. Utang tersebut dikelola dengan baik dengan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah.

Berdasarkan UU Keuangan Negara Nomor 17/2003 Pasal 12 ayat (3) yang dimaksud dengan defisit anggaran dibatasi maksimal tiga persen dari Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) dan jumlah pinjaman dibatasi maksimal 60 persen dari PDB. (AHL/MEDCOM.ID)

tags: ,

Related For Sri Mulyani: Banyak Orang Tak Paham soal Utang