wisata-kaltara

Suku Dayak Kayan Tampilkan Upacara Adat dan Budaya Masyarakat

Thursday, October 18th 2018. | Headline, Malinau

Malinau, MK – Pesona IRAU memang begitu memukau. Berbagai rangkaian upacara adat dan budaya sejak pembukaan hingga hari keempat terus menunjukan warna-warni adat dan budaya daerah yang tak lekang dimakan jaman.

Di hari keempat, giliran Warga Dayak Kayan yang menampilkan upacara adat Meju Anak Ufah dan tradisi Buwo Lepo’ serta Hudoq Aro.

Pada laporan di awal pertunjukan, Ketua Lembaga Adat Dayak Kayan Kabupaten Malinau Drs. Tan Irang, M.AP mengatakan bahwa Suku Dayak Kayan di Malinau memiliki 3 sub Etnis yaitu Sub Suku Kayan Ngorek, Kayan Merap dan Kayan Uma Leken.

“3 Sub Suku Dayak Kayan yang ada di Malinau yaitu Kayan Ngorek, Kayan Merap dan Kayan Uma Leken” ungkap Tan Irang.

Usai menyampaikan laporan, upacara adat dan budaya dibuka oleh Budaya Hudoq Aro dengan pertunjukan awal mendirikan tombak besar setinggi 6 meter. Hudoq Aro merupakan tarian kemenangan usai berperang.

Adat Budaya kedua yang ditampilkan adalan Buwo Lepo’ atau perpindahan pemukiman ke lokasi baru yang baik. Tradisi ini menggunakan kode-kode alam sebagai tanda apakah sebuah tempat dianggap baik atau tidak. Tanda alam yang digunakan adalah burung Hisit yang jika melintas ke kanan bertanda baik. Dan sebaliknya jika melintas ke kiri maka itu pertanda tidak baik.

Sedangkan upacara adat yang dilaksanakan adalah Meju Anak Ufah yaitu upacara untuk mempersiapkan seorang anak untuk dapat menjadi pemimpin Suku Dayak Kayan kelak.(Aan/Kominfo)

tags: , ,

Related For Suku Dayak Kayan Tampilkan Upacara Adat dan Budaya Masyarakat