wisata-kaltara

Tahun Ini Bangun Pasar Modern Rp 13 M

Wednesday, May 23rd 2018. | Advertorial, Kaltara

Istimewa

TANJUNG SELOR, MK – Menilik pertumbuhan perekonomian dan perkembangan penduduk Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang kian menjanjikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara pun makin gencar membangun sejumlah infrastruktur penopang dan pendorong akselerasi kesejahteraan masyarakat. Salah satunya, melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM) yang berencana membangun Pasar Modern Provinsi Kaltara.

Dikatakan Kepala Disperindagkop-UKM Kaltara Hartono, pasar yang akan menjadi salah satu pusat jual-beli terbesar di Kaltara ini bakal dibangun di Panca Agung, Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan. “Luas lahannya sekitar 2 hektare, dan sudah dilakukan land clearing,” kata Hartono, Selasa (22/5).

Di pasar ini akan ditampung seluruh pelaku usaha di Kaltara. “Bangunannya pasar modern satu lantai. Di bangunan itu, akan ada ruko (rumah toko), pasar kering dan pasar basah,” jelas Hartono.

Pembangunan pasar modern ini ditarget selesai tahun ini. “Peletakan batu pertamanya sekitar minggu kedua Ramadan, karena proses pelelangan sudah ada pemenangnya. Lahan juga sudah dimatangkan. Jadi, insya Allah bisa selesai tahun ini fisiknya,” beber Hartono. Untuk membangun pasar ini, Disperindagkop-UKM Kaltara mengalokasikan anggaran senilai Rp 13 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltara 2018.

Ditekankan Hartono, setelah bangunan selesai maka dilakukan seleksi pedagang yang akan menempatinya. “Semua pelaku usaha di Kaltara yang berminat, silakan mengajukan permohona untuk mengisi tempat atau los yang disiapkan. Nanti kami seleksi, kalau layak dan memiliki izin maka akan dikasih peluang menempati los serta membayar retribusinya,” tuntas Hartono.(humas)

tags:

Related For Tahun Ini Bangun Pasar Modern Rp 13 M