Tak Kantongi Ijin, 74 Kotak Daging Alana Disita Polisi

Thursday, October 12th 2017. | Headline, Tarakan

Tampak Kasat Pol Air AKP Kalvein menujukkan barang bukti daging alana, wortel, dan sosis, Kamis (12/10)

Tarakan, MK – Lantaran tak memiliki ijin eskpor, ratusan Kg daging alana diamankan Satpol Air Polres Tarakan pada, Rabu (11/10) sekira pukul 09.30 Wita. Daging yang didatangkan dari Malaysia menggunakan longboat diamankan disekitar perairan Juwata.

Kapolres Tarakan AKBP Dearystone Supit, SIK melalui Wakapolres Kompol Riski F Sandhy menejaskan  berawal saat petugas Sat Polair Tarakan melakukan patroli rutin disekitar perairan Tarakan kemudian menemukan sebuah longboat yang melintas sekitar perairan Juwata.

“Pada saat dicek itu mengangkut 74 kotak daging alana, 300 kotak wortel , dan 50 kotak sosis yang tidak dilengkapi ijin-ijin resmi sehingga diduga ilegal. Artinya kita belum tahu kesehatan ataupun kondisi daging-daging tersebut, juragan longboatnya  yakni UB kemudian ABK-nya AS dan MF. ” ujarnya kepada Metro Kaltara, Kamis (12/10)

Tersangka UB menggunakan topeng saat pres release di Pos Pol Air Polres Tarakan

Ia menambahkan setelah dilakukan pemeriksaan kapal beserta muatannya dan ketiga pelaku langsung di bawa ke Pos Pol Airut untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dari pengakuan juragan yang berinisial UB, barang tersebut dibeli dari Malaysia dan rencananya akan dijual di Tarakan.

“Dari pengakuannya, rencana mau di pasarkan di Tarakan. Kemudian memang sudah pernah membawa kesini. Untuk tersangka, yang kita amankan adalah juragannya sekaligus pemiliknya yakni UB,” terang AKP Kalvein, Kepala Sat Polair Polres Tarakan

Saat ini tersangka UB telah telah di tahan di Rutan Polres Tarakan. sedangkan Kapal yang bermesin 40 PK merek YAMAHA diamankan di Pos Pol Air “Pasal yang disangkakan yaitu Pasal 89 ayat 1 junto Pasal 42 ayat 5, pasal 58 ayat 5 dan Pasal 59 ayat 1 UU No 18 tahun 2009 tentang peternakan dan kesehatan dengan ancaman minimal 5 tahun penjara,” tambahnya. (ars)

Related For Tak Kantongi Ijin, 74 Kotak Daging Alana Disita Polisi