wisata-kaltara

Tarakan Buka Pariwisata Baru

Wednesday, June 8th 2016. | Headline, Tarakan
Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Tarakan Hamid Amrin

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Tarakan Hamid Amrin

MINIMNYA tempat rekreasi atau pariwisata di Bumi Panguntaka sebutan Kota Tarakan, membuat pemerintah setempat berencana membangun tempat pariwisata baru.

Bahkan, Walikota Tarakan Ir. Sofyan Raga bersama Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Hamid Amrin serta sejumlah investor lokal melakukan rapat terbatas, Rabu (08/06).

“Ada tiga tempat pariwisata yang akan kita kembangkan di antaranya pengembangan objek wisata Pantai Amal, pengembangan Embung Persemaian, dan Agro Wisata Karungan,” ujar Sofyan Raga kepada Metro Kaltara.

Untuk pengelolaannya rencananya bekerja sama dengan pihak ketiga (investor, Red). Senada dengan Wakikota, Hamid Amrin mengungkapkan dari paparan yang disampaikan ada beberapa tahap atau mekanisme yang harus dilalui.

“Jadi tahap pertama adalah kita tawarkan dulu kepada investor lokal, kalau lokal nanti tidak ada yang tertarik mungkin akan kita tingkatkan kepada investor luar daerah. Menurut pak Wali kalau nasional tidak ada, sampaikan ke internasional (pengusaha asing,Red),” jelasnya.

“Yang hadir tadi ada enam investor lokal dan mereka merespon secara positif,” imbuhnya.

Dalam rapat tadi sempat disinggung masalah pembebasan lahan karena kendala ini sering dialami investor kala berinvestasi di daerah-daerah. “Tadi sempat ditanyakan tentang sertifikasi lahan dan sekarang sedang berproses di Badan Pertanahan Nasional karena itu akan menjadi laporan pertanyaan pertama oleh investor,” bebernya.

Kemudian DPRD juga tengah membahas Perda Investasi. Apabila regulasi Perda dan proses sertifikasi tanahnya selesai maka penawaran segera dibuka melalui Unit Lelang Pengadaan (ULP). (aras/MK*1)

tags: ,

Related For Tarakan Buka Pariwisata Baru