Terdakwa Teroris Menyesali Perbuatannya Di Dalam Sidang

Kamis, Februari 28th 2019. | Headline, Hukum & Kriminal, Tarakan

TARAKAN, MK – Masih teringat dengan video yang sempat membuat gempar warga Tarakan, tentang pengancaman Agus Salim salah seorang terdakwa kasus teroris beberapa waktu yang silam.

Setelah dibcakan Penasehat Hukumnya (PH) Dalam sidang di pengadilan Negeri (PN) yang berlangsung, Agus salim juga membacakan pembelaannya yang sudah ia tulis.

Dalam pembelaan yang ditulis terdakwa, Agus Salim meminta kepada hakim agar membebaskan dirinya dari semua tuntutan dakwaan yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Dalam sidang sebelumnya Agus diketahui dituntut JPU enam tahun penjara setelah terbukti melakukan tindak pidana teroris. Agus pun juga memberikan keterangan dirinya tak menyangka jika aksi yang ia buat ternyata membuat keresahan di kalangan masyarakat. Agus juga mengakui jika bukan dirinyalah yang menyebarkan video tersebut.

 “Saya sangat menyesali perbuatan saya, saya tidak berniat untuk menebar teror di kalangan masyarakat, saya juga mau merawat ibu sya, karena bapak saya sudah tidak ada lagi. Dan sya meminta maaf yang sebesar besarnya,” Akunya.

Selain itu Bismart Sanusi selaku PH Agus Salim, dalam pembelaannya juga mengungkapkan terdakwa tidak terbukti dan menyakinkan melakukan tindak pidana terorisme, seperti yang didakwa oleh JPU.

“Kami meminta Majelis Hakim untuk membebaskan terdakwa Agus Salim dari semua tuntutan hukum,” katanya.

Pihaknya juga menyatakan bahwa tidak ada satupun tuntutan JPU yang diberikan kepada terdakwa terpenuhi. Pihaknya berpendapat terdakwa tidak ada sama sekali bermaksud membuat video dan menyebarkan teror.

“Dia sebenarnya tidak pernah membayangkan kalau vidoe itu akan beredar luas. Karena dia hanya tahu kalau grup whatshapp itu hanya ada temannya, kemudian ada yang menyebarkan,” ungkapnya.

Mengenai senjata api, Bismark menganggap itu bukanlah suatu ancaman, dikarenakan senpi berjenis airsoftgun tersebut ternyata rusak dan tidak bisa digunakan sebagai mana mestinya.

“Terdakwa mengakui sangat menyesal dan meminta maaf kepada majelis hukum, Agus pun tidak menyangka jika hal tersebut bisa berujuung hukum,” ungkapnya.(arz27)

tags: ,

Related For Terdakwa Teroris Menyesali Perbuatannya Di Dalam Sidang