Gambar-Gif

Tiga Parpol Pengusung Irau Masih “Gantung”

Tuesday, July 28th 2015. | Bulungan, Headline, Kaltara
- wisata-kaltara -
3

Pengurus Partai Gerindra Kaltara terlihat berdebat dengan Komisioner KPU Kaltara saat penyerahan berkas pasangan Irau, senin (27/07)

 

Tanjung, MK – Tiga partai politik besar yakni Partai Gerindra, Demokrat dan Golkar yang ingin mengusung pasangan Irianto Lambrie-Udin Hianggio pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kaltara masih “gantung”. Alias KPU Provinsi Kaltara belum memastikan apakah ketiga partai politik itu bisa mengusung pasangan berslogan IRAU.

“Kemarin (27/07) ada tiga partai politik yang kami tolak sementara sebagai pengusung bakal calon Irianto Lambrie-Udin Hianggio dan meminta ketiga partai itu memenuhi persyaratan seperti diatur dalam PKPU. Kami sudah memberikan kesempatan hingga pukul 16:00 Wita sore ini dan mereka (tim Irau) menyerahkan beberapa berkas,” ujar Ketua KPU Provinsi Kaltara Suryanata Al-Islami kepada Metrokaltara.com, Selasa (28/07).

Kemudian, apakah berkas ketiga partai tersebut telah memenuhi persyaratan sebagai pengusung pasangan Irau? Secara diplomatis Suryanata mengaku akan melakukan verifikasi terlebih dahulu sesuai jadwal tahapan kampanye hingga 3 Agustus mendatang.

“Kami memiliki jadwal tahapan untuk memeriksa seluruh dokumen persyaratan secara komprehensif. Terutama terkait keabsahan partai-partai yang bisa menjadi pengusung pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur termasuk syarat calon itu sendiri. Sesuai jadwal tahapan, KPU akan mengumumkannya pada tanggal 3-4 Agustus,” tegasnya.

“KPU tidak pada kapasitas menghalangi partai politik yang ingin berkoalisi untuk mengusung salah satu kandidat. KPU berjalan sesuai aturan,” imbuhnya.

Sebelumnya Partai Gerindra mempunyai persoalan karena surat dukungan dari DPW Partai Gerindra Kaltara tidak ditandatangani langsung oleh ketuanya yakni Budi Satrio Djiwandono. Melainkan diwakilkan oleh Sekretaris dan Wakil Ketuanya. Informasi beredar yang bersangkutan berada di luar negeri. “Kami belum membuka secara keseluruhan dokumennya apakah sudah ditandatangani Ketua DPW Partai Gerindra Kaltara, yang jelas kami masih memiliki waktu hingga pengumuman verifikasi dukungan parpol,” tuturnya.

Begitu juga dengan Partai Golkar apakah dukungan Pasangan Irau dari kubu Abu Rizal Bakrie dan Agung Laksono sudah lengkap menunggu hasil verifikasi. “Sama halnya dengan dukungan Partai Demokrat kami belum bisa mengatakan pengusungannya bisa atau tidak,” tambahnya.

Sedangkan Ketua Tim Pemenangan Pasangan IRAU Jhony Laing Impang mengungkapkan pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada KPU Provinsi Kaltara apakah tiga parpol itu bisa menjadi partai pengusung. “Kami sudah berupaya maksimal mencoba memenuhi segala persyaratan, intinya kami menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada KPU saja,” akunya. (sti)

.

tags: , ,

Related For Tiga Parpol Pengusung Irau Masih “Gantung”