Tim Bentukan Wiranto Dikhawatirkan Mengintervensi Hukum

Jumat, Mei 10th 2019. | Headline, Hukum & Kriminal

Jakarta: Pemerintah dicurigai akan mengintervensi hukum. Intervensi terbuka dilakukan melalui tim hukum nasional.

Komisioner Komnas HAM Mohammad Choirul Anam

“Tugas tim asistensi hukum ini karakternya intervensi penegakan hukum. Penegakan hukum diseret ke ranah politik,” kata Komisioner Komisi Nasional HAM Choirul Anam di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Jumat, 10 Mei 2019.

Komnas HAM menyoroti struktur tim bentukan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto itu. Ada sejumlah anggota kepolisian dan Kejaksaan Agung di dalam tim.

Menurut Anam, keputusan tim akan langsung ditindaklanjuti kepolisian. Sedangkan tim asistensi malah akan mengambil alih tugas penyelidikan dan penyidikan.

Kajian yang dikeluarkan dikhawatirkan sarat kriminalisasi. Hal ini sangat berbahaya bagi iklim demokrasi.

“Ini nanti polisi enggak bisa independen. Ini karakter Orde Baru. Apalagi di beberapa pernyataan itu mereka menyasar tokoh-tokoh,” kata dia.

Komisioner Komnas HAM Munafrizal Manan mengatakan hal ini berpotensi diartikan pemerintah mendayagunakan pendekatakan politik-kekuasan. Tim itu dibentuk pascapemilu.

Tim asistensi hukum bentukan Wiranto diisi 22 orang dengan latar belakang ahli hukum, akademisi, dan pejabat kementerian dan lembaga. Ada pula beberapa organisasi hukum yang mendaftarkan diri dalam tim asistensi itu.

Tim asistensi berada di bawah naungan Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Tim akan memantau pernyataan para tokoh yang dinilai memprovokasi di media sosial.

Sumber: medcom.id

tags: , ,

Related For Tim Bentukan Wiranto Dikhawatirkan Mengintervensi Hukum