wisata-kaltara

Tingkatkan Aksesibilitas Informasi, Pemerintah Daerah Sediakan Sambungan Wifi Gratis di 14 Fasilitas Publik dan 11 SMP

Wednesday, July 25th 2018. | Advertorial, Malinau

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malinau Drs. Agustinus, M.AP

Malinau, MK – Upaya Pemerintah Kabupaten Malinau untuk meningkatkan aksesibilitas informasi masyarakat terus dilakukan melalui berbagai program, salah satunya adalah penyediaan akses internet gratis bagi masyarakat melalui perangkat Wireless Fidelity atau lebih dikenal dengan sebutan Wifi.

Sebanyak 14 fasilitas publik di sekitar ibukota kabupaten dan 11 Sekolah Menengah Pertama yang ada di pedalaman dan perbatasan bakal dilengkapi fasilitas Wifi.
Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malinau Drs. Agustinus, M.AP di ruang kerjanya pada Selasa (24/7).

Agustinus menyebutkan bahwa keterbatasan anggaran Pemda Malinau tidak mengurangi upaya pembangunan daerah khususnya sektor telekomunikasi dan informasi yang terus berkembang pesat.

“Kita upayakan melalui berbagai cara salah satunya adalah berkoordinasi dengan Pemprov Kaltara dan Kementerian Kominfo. Puji syukur Pemprov Kaltara melalui Dinas Kominfo dan Kementerian Kominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi merespon usulan Pemda Malinau terkait dengan penyediaan akses internet ini” ungkap Drs. Agustinus, M.AP.

Kadis Kominfo Malinau ini menyebut ada 14 fasilitas umum di sekitar ibukota dan 11 SMP di pedalaman dan perbatasan yang tahun ini terpasang sambungan internet.

“Untuk 14 sambungan internet 10 diantaranya sudah terpasang peralatannya yaitu di Malinau Utara 3 lokasi (Pasar Tropiah, RSUD dan Taman Jojok), Malinau Kota (Kuliner Pelangi, Alun-alun, Pelabuhan speed boat, show room Dekranasda, Pasar induk, Pasar buah dan ruang tunggu bandara). Sedangkan 4 lokasi yang belum terpasang perangkatnya yaitu di Malinau Barat 2 lokasi (Pasar Inai dan Pasar Bhineka), di Mentarang ada 1 lokasi (Taman Budaya Pulau Sapi) dan Malinau Kota 1 lokasi yaitu di Stadion Malinau” papar Drs. Agustinus.

Lebih lanjut Kadis Kominfo menjelaskan aktifasi sambungam internetnya masih menunggu kontrak antara Kominfo Kaltara dengan PT. Telkom, Tbk selaku penyedia layanan.

Sedangkan untuk SMP yang mendapat alokasi yaitu SMP 2 Mentarang di Paking, SMP 3 Mentarang di Mentarang Baru, SMP 1 Malinau Selatan Hilir (Masehi) di Setulang, SMP 2 Masehi di Batu Kajang, SMP 3 Masehi di Gong Solok, SMP 1 Malinau Selatan di Long Loreh, SMP 2 Malinau Selatan Hulu di Metut, SMP 1 Sungai Boh di Mahak Baru, SMP 2 Sungai Boh di Lebusan, SMP 1 Kayan Selatan di Long Ampung dan SMP 1 Sungai Tubu di Long Pada.

“Untuk penyediaan internet di sekolah selain untuk mendukung penyediaan informasi juga disiapkan untuk mendukung Ujian Nasional Berbasis Komputer” ujar Drs. Agustinus lagi.(Diskominfo)

tags: ,

Related For Tingkatkan Aksesibilitas Informasi, Pemerintah Daerah Sediakan Sambungan Wifi Gratis di 14 Fasilitas Publik dan 11 SMP