Tingkatkan Kesadaran akan Pentingnya Adminduk

Thursday, August 2nd 2018. | Advertorial, Tanjung Selor

RAKOR : Kepala Disdukcapil Kaltara Samuel Parrangan kala membuka Rakor #GISA di Gedung Tebengang, Kantor Bupati Malinau, belum lama ini.

TANJUNG SELOR, MK – Terpenuhinya dokumen kependudukan adalah sebuah kesadaran yang harus dimiliki masyarakat Kaltara. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Samuel Parrangan kala membuka Rapat Koordinasi (Rakor) #Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (#GISA) di Gedung Tebengang, Kantor Bupati Malinau belum lama ini.

Menurutnya, GISA merupakan salah satu aktivitas untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan. Melalui GISA, pemutakhiran data kependudukan akan lebih mudah serta meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan yang begitu penting. “Pentingnya pemanfaatan data kependudukan, pentingnya pemutakhiran data kependudukan, dan pentingnya pelayanan administrasi kependudukan yang membahagiakan rakyat,” jelas Samuel.

GISA juga diharapkan menjadi momentum untuk bersinergi dalam memenuhi kebutuhan dokumen kependudukan masyarakat Kaltara. “Saya sangat mengapresiasi dan menyambut baik dengan dilaksanakannya Rakor ini. Pada dasarnya, koordinasi dan kerja sama antara Disdukcapil di tingkat provinsi dengan kabupaten/kota itu sangat perlu. Ini untuk mempertahankan capaian yang sudah baik dan meningkatkan capaian yang masih kurang dari target nasional,” ucap Samuel.
Tak hanya itu, upaya lainnya juga telah dilakukan untuk melayani kebutuhan dokumen masyarakat. Diantaranya, melayani kebutuhan kependudukan bagi masyarakat di wilayah pedalaman dan perbatasan program jemput bola yang diberi nama Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan untuk Wilayah Perbatasan (Si Pelandukilat).

“Ini kita lakukan supaya lebih memudahkan masyarakat yang berada di wilayah pedalaman dan perbatasan dalam memperoleh dokumen kependudukan, karena masyarakat di wilayah tersebut mengalami kesulitan saat mengurus dokumen kependuduk karena terkait dengan masalah geografis,” tuntas Samuel.(humas)

tags: , ,

Related For Tingkatkan Kesadaran akan Pentingnya Adminduk