wisata-kaltara

Tingkatkan Motivasi Petani, Dinas Pertanian Adakan Tanam Bersama

Thursday, August 30th 2018. | Citizen Journalism, Malinau

Malinau, MK – Target untuk mensukseskan program Beras Daerah (Rasda) membuat Dinas Pertanian Kabupaten Malinau melakukan berbagai terobosan guna meningkatkan produksi beras lokal. Salah satunya adalah memberi motivasi kepada para petani dengan cara melakukan penanaman bersama yang melibatkan petani, Dinas Pertanian, aparat kecamatan dan Babinsa.

Sebanyak 37 orang melakukan tanam bersama di sawah milik Agustinus seorang petani asal Desa Semenggaris Kecamatan Malinau Utara. Di lahan sawah seluas 1 hektar, 17 warga Desa Semenggaris, 13 staf pertanian dan 7 orang Babinsa berjibaku dengan lumpur sawah untuk menanam padi.

Ir. Kristian Muned, MT Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Malinau mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan semangat petani khususnya pada Masa Tanam 3 tahun 2018 yang dimulai pada September hingga Oktober.

“Hari ini kita melakukan penamaman bersama. Tujuannya untuk memotivasi petani guna mendukung program ketahanan pangan sekaligus mensukseskan program Rasda. Sawah yang kita tanami ini milik Pak Agustinus yang merupakan anggota Kelompok Tani Ferurum Febaya Desa Semenggaris” ungkap Muned.

Ir. Muned juga menyebut bahwa dirinya mengajak Camat Malinau Utara dan Babinsa untuk terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Kita bersama Camat dan Babinsa melakukan kegiatan ini. Untuk diketahui bahwa saat ini Masuk Masa tanam 3 tahun 2018. Kita memiliki lahan fungsional yang ditargetkan untuk di tanam seluas 6.310 Ha yang merupakan lahan sawah dan lahan. Dengan rincian 1.700 Ha sawah dan ladang seluas 4.610 Ha. Saat ini sudah terealisasi 254 Ha sawah sedangkan untuk ladang sementara masih dalam pendataan” beber Ir. Muned.

Lebih lanjut Kadis Pertanian ini mengatakan bahwa sebetulnya secara kalender, MT 3 mulai September-Oktober, tetapi petani ada yang sudah mulai menanam duluan. Menurutnya hal tersebut tidak jadi masalah karena hanya selisih hari saja dengan bulan September. Dirinya juga menyebut bahwa program tanam bersama ini akan terus dilanjutkan di tempat-tempat lainnya. (Diskominfo)

tags: ,

Related For Tingkatkan Motivasi Petani, Dinas Pertanian Adakan Tanam Bersama