wisata-kaltara

Tingkatkan Pertukaran Pelajar, Dubes AS Kunjungi SMP 1 Tarakan

Friday, September 14th 2018. | Headline, Tarakan

Dubes Amerika Serikat Joseph Donovan

TARAKAN, MK – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indnoesia, Joseph Donovan, mengunjungi Sekolah Negeri 1 Tarakan, Pagi tadi (14/09/2018). Kunjungan Duta Besar Amerika Serikat bersama rombongan itu ke SMPN 1 Tarakan, mendapat sambutan meriah dari ratusan siswa siswi yang sudah menunggu di di halaman sekolah.

Dalam pidatonya, Joseph Donovan mengaku baru pertama kali melakukan kunjungan ke Kalimantan Utara, ini merupakan pengalaman pertama baginya, karena itu ia ingin mempelajari lebih banyak mengenai Kalimantan Utara untuk mencari cara agar dapat meningkatkan pertukaran pelajar antar kedua negara dan dalam bidang ekonomi, ia ingin memperkuat ikatan dalam hubungan perdagangan.
Dalam kunjungan tersebut, Joseph Donovan pun memberikan pertanyaan kepada para pelajar SMPN 1 Tarakan:
“Jadi saya harus kemana, bisa kah kalian merekomendasikan tempat dan makanan apa yang wajib saya kunjungi di Tarakan” Ucapnya kepada seluruh pelajar SMPN 1 Tarakan.
Ternyata pertanyaannya tersebut, disambut antusias oleh seluruh pelajar yang berebut ingin menjawab. Beberapa pelajar pun memberikan rekomendasi, diantaranya adalah Christie merekomendasikan tempat yang wajib anda kunjungi di Tarakan adalah pantai amal, di sana anda bisa menikmati pantainya sambil memakan kapah.
Sebelum mengakhiri pidatonya di depan ratusan pelajar SMPN 1 Tarakan, Joseph Donovan menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya karena telah di sambut dengan meriah dan di suguhkan beberapa tarian yang membuatnya takjub.
“Saya sangat berterimakasih dan sangat menghargai keramah tamahan semua orang dan betapa waktu yang di gunakan untuk menemui saya hari ini” Ucapnya.
Joseph Donovan mengatakan, SMPN 1 Tarakan merupakan sekolah yang luar biasa dan membuatnya terkesan atas sambutan yang diberikan, menurutnya itu hal yang sangat baik sekali.
“ini merupakan kehormatan bagi saya untuk bertemu dengan Kepala Sekolah SMPN 1 Tarakan dan juga seluruh guru-guru yang ada disini” Tutupnya.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Tarakan, Endah Sulistianingsih mengatakan sangat senang dengan adanya kunjungan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, ia tidak mengira SMPN 1 Tarakan dipilih.
“Tentu ini sangat baik sekali untuk kami dan seperti apa yang sudah saya paparkan, saya berharap ada kelanjutan kerjasama baik dari pertukaran pelajar maupun pertukaran antar guru di Kalimantan Utara dan Amerika Serikat” Ucapnya.
Endah juga mengungkapkan, selama ini SMPN 1 Tarakan, memang tidak memiliki hubungan kerjasama dengan Amerika Serikat, namun untuk Negara lainnya seperti. Inggris, Korea dan Malaysia pihaknya sudah ada hubungan kerjasama.
“Memang untuk Amerika kita belum ada kerjasama apapun, oleh karena itu semoga dengan adanya petemuan ini ada tindak lanjutnya. Karena kedatangan dubes ini melihat Kalimantan Utara, SMPN 1 Tarakan sehingga dapat membuka peluang kerjasama yang baik” Jelas, Endah Sulistianingsih.
Joseph Donovan, sebelumnya tiba di Tarakan Kamis (13/09), Donovan kemudian langsung mengunjungi Ibu Kota Provinsi Kalimantan Utara yakni Tanjung Selor, dan bertemu Wakil Gubernur Kalimantan Utara H. Udin Hianggio dan Wakapolda Kaltara Kombes Pol Zainal Arifin. (SHR)
tags: , , ,

Related For Tingkatkan Pertukaran Pelajar, Dubes AS Kunjungi SMP 1 Tarakan