Gambar-Gif

Triyono Budi Sasongko Resmi Jadi Pj Gubernur Kaltara

Wednesday, April 22nd 2015. | Advertorial, Headline, Kaltara
- wisata-kaltara -
Triyono Bersama dengan Mendagri Cahyo Kumolo dan irianto Lambrie usai Pelantikan

Triyono Bersama dengan Mendagri Cahyo Kumolo dan irianto Lambrie usai Pelantikan

JAKARTA – Triyono Budi Sasongko akhirnya resmi menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Utara yang baru menggantikan Dr.Ir.H. Irianto Lambrie setelah dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Rabu,(22/4/2015).Triyono pun menyebutkan yang menjadi prioritasnya saat menjabat nanti adalah melaksanakan komitmen presiden untuk membangun wilayah perbatasan.
“Ketika beliau (presiden,red) dilantik langsung melakukan kunjungan kerja ke perbatasan,” kata Triyono usai pelantikan.

Presiden pun menginstruksikan kepada mantan Bupati Purbalingga ini agar Badan Nasional Pembangunan Perbatasan (BNPP) meneruskan pembangunan infrastruktur di wilayah perbatasan,khusunya yang bersentuhan langsung dengan Negara tetangga.

“Khususnya di pos lintas batas strategis. Ada 7 pos lintas batas strategis ingin di wujudkan dalam waktu dua tahun yang saat ini telah dimulai,” ujarnya.

Tidak mewujudkan pos lintas batas saja, namun harus ada pusat pertumbuhan dimana sejumlah pihak mengingingkan kawasan perbatasan sebagai beranda depan sekaligus pintu gerbang perdagangan.

“Nah inilah yang menjadi komitmen kita bersama hingga Indonesia dapat maju berkembang dengan pesat. Bahkan itu sudah tertuang Perpres (Peraturan Presiden) No 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015 -2019 dalam rangka tindak lanjut nawacita ketiga Jokowi yaitu komitmen membangun Indonesia dari pinggiran,” urainya.

Selain itu, dirinya juga harus memperkuat sistem pemerintahan di provinsi baru tersebut. Menurutnya, yang telah dirintis oleh Pj Gubernur sebelumnya sudah cukup bagus tinggal di perkuat lagi.

“Kami juga bertugas mengawal penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada). Saya pikir ini adalah tugas yang cukup berat, untuk mengkoordinasikan agar pelaksanaan demokrasi di Kaltara bisa berjalan dengan baik,” paparnya.

“Oleh karenanya ini menjadi tugas penting kami, untuk menyukseskan pilkada,” sambungnya.

Apalagi di Kaltara terdapat empat kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada secara serentak. Ini jelas menjadi tugas berat seorang Pj Gubernur Kaltara yang saat ini baru dilantik dan terus mengupayakannya agar bisa sukses.

Upaya lain yang harus terus dilakukan adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Menurutnya, saat ini sudah banyak orang yang berbondong-bondong masuk ke Kaltara, karena sudah melihat provinsi baru tersebut sudah berlari dengan cepat.

“Saat ini sudah bagus, apalagi pada saat penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) beberapa waktu lalu, pesertanya cukup membludak,” tutup mantan Bupati Purbalingga dua periode tersebut. (Gus/abe)

Biodata Triyono Budi Sasongko
Nama : Drs. Triyono Budi Sasongko, M.Si
Tempat Tanggal Lahir : Purbalingga, 5 Juni 1956
Istri : Ny. Hj Ina Ratnawati Triyono
Anak : 1. Dyah Hayuning Pertiwi
2. Dyah Handayani Nastiti.
3. Lintang Putra Perwira

Pendidikan :
Sarjana Muda / BAKALOREAT Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Universitas Diponegoro, Semarang 1978.
Sarjana Muda Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang 1979
Sarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Jurusan Administrasi Negara Univeristas Diponegoro 1981
Magister Ilmu Pemerintahan, Universitas Satyagama, Jakarta, 2002.
Forkon Pimpinan Lemhanas, Tahun 2008.
Pekerjaan :
Pejabat Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Departemen Dalam Negeri dari Tahun 1983 hingga Tahun 2000.
Bupati Purbalingga Periode 2000 – 2010 (dua periode)
Ketua APKASI pada tahu 2000-2005
Steering Board pada partnership Government Reform IN Indonesia.
Saat ini, Sekrertaris Badan, di Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Related For Triyono Budi Sasongko Resmi Jadi Pj Gubernur Kaltara