wisata-kaltara
Gambar-Gif

Tugu Garuda Pancasila Diresmikan

Wednesday, May 27th 2015. | Headline, Kaltara, Nunukan
Diresmikan - Anggota DPRD rov. Kaltara foto bersama Dewan Pembina MPPI dan Anggota Pemuda Penjaga Perbatasan di Tugu Garuda Pancasila

Diresmikan – Anggota DPRD Prov. Kaltara foto bersama Dewan Pembina MPPI dan Anggota Pemuda Penjaga Perbatasan di Tugu Garuda Pancasila

Lumbis Ogong, Nunukan – Masyarakat Peduli Perbatasan Indonesia (MPPI) bekerjasama dengan Pemuda Penjaga Perbatasan (PPP) RI mendirikan Tugu Garuda Pancasila di pedalaman Kecamatan Lumbis Ogong. Bahkan peresmiannya, turut dihadiri Komisi I DPRD Provinsi Kaltara yakni Asmin Laura Hafid, Norhayati Andris, Listiani, Abdul Khair dan Hermanus, Selasa (26/5).

Kepada Metro Kaltara Ketua Presedium PPP RI Lumbis mengaku Tugu Garuda Pancasila sangat penting dibangun guna sebagai rambu wilayah perbatasan. Apalagi berdirinya tugu ini berada di jarak 300 meter dari Garis Batas (GB) I di Utara Lumbis Ogong yang berbatasan langsung dengan Sabah Malaysia. (Baca: 154 Ribu Ha Lumbis Ogong Terancam Milik Malaysia)

“Sehingga ini adalah tempat penanda ketika kita dari Malaysia masuk ke Indonesia. Jadi semua masyarakat tahu kalau mereka sudah berada di wilayah Indonesia dan saya tegaskan tempat ini memang milik Indonesia,” tuturnya.

Berdirinya Tugu Garuda Pancasila diperbatasan juga diharapkan beriringan dengan perecepatan pembangunan. Apalagi Lumbis Ogong memilik wilayah Outstanding Boundary Problems (OBP) sehingga perlu percepatan pembangunan dalam meletakan pondasi kewilayahan. “Kemudian dengan masuknya Lumbis Ogong dalam Kawasan Startegis Nasional (KSN) tentunya menjadi prioritas pemerintah pusat maupun daerah,” bebernya.

Sedangkan, Anggota Komisi I DPRD Provinsi Kaltara Norhayati Andris mengapresiasi pembangunan Tugu Garuda Pancasila. Tentunya menaruh harapan besar adanya keseriusan pemerintah pusat dalam membangun daerah Lumbis Ogong kedepannya. (Baca: Pemuda Perbatasan Galang Rasa Nasionalisme)

“Sesuai Nawacita Jokowi Nomor 3 memperkuat daerah-daerah dan desa dalam rangkaian NKRI. Bagaimana pemerintah memperhatikan daerah perbatasan, jadikan perbatasan ini menjadi pintu pertama Republik Indonesia,” harapnya.(sti)

tags: , ,

Related For Tugu Garuda Pancasila Diresmikan