wisata-kaltara

Umat Islam Kaltara Prihatin Kondisi Rohingya

Sunday, September 10th 2017. | Headline, Tarakan

Tarakan, MK – Tragedi kemanusiaan yang terjadi di wilayah Rakhine, Myanmar mendapat perhatian serius dari masyarakat seluruh penjuru dunia tak terkecuali Umat Islam di Provinsi Kalimantan Utara, hal ini ditandai dengan hadirnya beberapa aksi solidaritas umat baik berupa pernyataan sikap maupun bantuan nyata donasi dari masyarakat. (10/09)

Tidak berhenti sampai di situ, PADA Sabtu (09/09) kemarin bertempat di Kantor BAZNAS Kota Tarakan berkumpul Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam, Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) Islam, Organisasi Kemahasiswaan Islam sebagai representrasi Umat Islam yang ada di Provinsi Kalimantan Utara membahas kondisi terkini di Rakhinee, Myanmar dan langkah apa yang dapat dilakukan oleh Umat Islam di Kalimantan Utara sebagai bentuk kepedulian yang nyata.

Kegiatan yang dihadiri Pengurus Majelis Ulama Indonesia, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, BAZNAS, Syarikat Islam, Hidayatullah, Wahdah Islamiyah, IKADI, KNPI, GP. Ansor, BKPRMI, AMII, Syabab Hidayatullah, HMI, GPI dan  PMII. Kegiatan tersebut berjalan cukup dinamis dan hangat dengan ungkapan dari masing-masing Ormas Islam yang  pada umumnya sangat menyesalkan terjadi tragedi hilangnya nyawa ribuan manusia dan terusirnya puluhan ribu jiwa yang harus mengungsi ke Negara lain dengan kondisi yang memprihatinkan dan masih dalam suasana yang membahayakan dan kesehatan yang buruk. Sebagai sesama umat Islam melihat kondsi ini tentu kita harus berbuat yang terbaik.

Alwan Saputra, Sekretaris Tanfidziyyah PWNU Kalimantan Utara mengatakan dari hasil pertemua beberapa kesepakatan antara lain akan dilaksanakan Doa dan Donasi Bersama Umat Islam KALTARA Peduli Rohingya, kemudian kegiatan dilaksanakan di 3 (tiga) tempat yaitu Tanjung Selor, Tarakan dan Nunukan, tapi tidak menutup kemungkinan juga di Tana Tidung dan Malinau. Untuk waktu pelaksanaan masih harus dikoordinasikan dengan beberapa pihak yang terkait termasuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dan pihak keamanan.

Alwan Saputra yang memimpin pertemuan bersama Syamsi Sarman (Muhammadiyah) dan H. Salapa Hepa (Syarikat Islam) menyampaikan kegiatan ini di bawah tanggungjawab Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kalimantan Utara dan akan dibentuk Koordinator di masing-masing daerah.

“Insya Allah aksi ini akan kita kemas dalam bentuk damai dan menyejukan, kita boleh sedih, emosi dan marah dengan apa yang terjadi di Myanmar, tapi sebagai Umat terbaik, mari kita ekspresikan semua itu dengan hal yang positif dan bermanfaat, yakni kita doakaan bersama kejahatan kemanusiaan tersebut dapat dihentikan dan kita donasikan sebagian dari rezeki kita kepada mereka yang saat ini tengah menderita,” ujarnya belum lama ini.

terpisah, Erick Hendrawan selaku Ketua Umum Gerakan Pemuda Islam (GPI) Provinsi Kalimantan Utara menambahkan  Apa yang terjadi di Rohingnya adalah sebuah Tragedi Kemanusiaan yang sungguh sangat menyanyat hati “Disanalah terjadi Intoleran sesungguhnya, yang mana pihak-pihak terkait terkesan diam dan tutup mata atas tragedi kemanusiaan tersebut,” tambahnya.

Diharapkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, dalam hal ini Gubernur H. Irianto Lambrie dapat mendukung penuh kegiatan tersebut, serta dapat melibatkan kalangan pengusaha dan pejabat agar dukungan donasi untuk Muslim Rohingya dapat optimal, juga doa  dan dukungan seluruh warga Kalimantan Utara tanpa terkecuali agar bersedia hadir pada agenda tersebut. (asl/ars)

tags: , ,

Related For Umat Islam Kaltara Prihatin Kondisi Rohingya