Ungkap Sabu 38 Kg, BNN Beri Perhatian Khusus Untuk Kaltara

Minggu, Juli 21st 2019. | Headline, Tanjung Selor

tampak tim gabungan dari BNN RI, Bea dan Cukai, dan Polres Bulungan mengangkat sabu dalam kegiatan press release di Mako Polres Bulungan, Ahad (21/7)

TANJUNG SELOR, MK – Maraknya peredaran narkotika jenis sabu-sabu di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menjadi atensi  khusus oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) RI. Terbutki, Sabtu (20/7/2019) kemarin, tim gabungan dari BNN, Ditjen Bea Cukai, Mabes Polri, dan Polres Bulungan berhasil mengamankan sabu 38 kg di Jalan Jelarai Raya, Tanjung Selor sekira pukul 08.00 WITA.

“BNN memang menaruh perhatian khusus dengan Kalimantan Utara karena memang di wilayah sini merupakan perbatasan, ada perbatasan darat, laut dan ditenggarai pintu narkoba dari wilayah luar negeri,” ujar Direktorat Interdiksi Darat dan Lintas Batas (DLB) BNN RI Kombes Pol Heri Istu Hariono dalam acara press release di Mako Polres Bulungan, Ahad (21/7).

Dikatakannya, selain berbatasan dengan wilayah negara lain. Kaltara juga memiliki pulau-pulau kecil yang membuat bandar sabu dengan leluasa memasukkan barang haram tersebut dengan jumlah yang cukup besar.

“Kerawanan yang tinggi serta banyaknya jalur tikus serta letak geografis sehingga memiliki banyak peluang menyebabkan sulitnya kami menjaga wilayah perbatasan ini,” terangnya.

Dengan kondisi tersebut, pihaknya membutuhkan sinergi dari seluruh istansi baik kepolisian, Bea dan Cukai, Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Indonesia khusunya masyarakat Kaltara.

“Kondisi itu mengahruskan kita bersinergi ke istansi untuk melakukan pencegahan sekaligus pemberantasan narkotika,” bebernya.

Selain itu, BNN RI akan membentuk Diven Aktif untuk menjaga wilayah perbatasan dari ancaman narkoba. Ia menyebutkan, selain Kaltara terdapat beberapa daerah yang rawan masuk nakroba diantaranya Aceh wilayah pesisir, Sumatra Selatan, dan wilayah Bengkayan.

“Dengan menyikapi persoalan narkoba ini, kita akan membentuk namanya Pos Interdiksi Terpadu di perbatasan dengan bersinergi seluruh stakeholder yang ada,” tambahnya. (as)

 

tags: , ,

Related For Ungkap Sabu 38 Kg, BNN Beri Perhatian Khusus Untuk Kaltara