Wabup Pimpin Upacara Peringatan Hari K3 dan Apel Gabungan Korpri.

Saturday, January 19th 2019. | Malinau

Malinau, MK – Wakil Bupati Malinau Topan Amrullah, S.Pd, M.Si bertindak selaku pembina upacara memperingati bulan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di Kabupaten Malinau Tahun 2019 serta Apel Gabungan Korpri dilaksanakan dihalaman Kantor Bupati Malinau Kamis, (17/1).

Pada kesempatan yang sama juga diadakan penyerahan piagam penghargaan Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M. Si, atas prestasi dalam pelaksanaan program keselamatan dan kesehatan kerja Kepada BPD Kaltara Kantor Cabang Malinau, PDAM APA’ Mening, PT. Bara Dinamika Muda Sukses, PT. Mitra Bara Adi Perdana, PT. Inhutani II, PT. Rimbah Makmur Sentosa yang diserakan oleh Wakil Bupati Malinau.

Dalam sambutan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia M. Hanif Dhakiri dibacakan Wakil Bupati Malinau Topan Amrullah, mengatakan Tema pokok Bulan K3 Tahun 2019 ini adalah “Wujudkan Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Untuk Mendukung Stabilitas Ekonomi Nasional.” Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Bulan Agustus 2018, sebanyak 58,76% dari total angkatan kerja Indonesia adalah tamatan SMP ke bawah. Hal tersebut berdampak pada kesadaran pentingnya perilaku selamat dalam bekerja.

Sementara itu terkait keselamatan kerja, BPJS Ketenagakerjaan mencatat, sepanjang 2018 terdapat 157.313 kasus kecelakaan kerja. Termasuk dalam kategori kecelakaan kerja adalah kecelakaan lalu lintas pada perjalanan pekerja menuju tempat kerja, serta perjalanan pulang dari tempat kerja menuju tempat tinggal.

Dalam rangka menekan angka kecelakaan dan penyakit akibat kerja, sebagai pemegang kebijakan nasional di bidang K3 berdasarkan Undang-Undang No. 1 Tahun 1970, Kementerian Ketenagakerjaan telah menetapkan berbagai upaya melalui program K3, antara lain, Menyempurnakan peraturan perundang-undangan serta standar di bidang K3, Meningkatkan peran pengawas bidang K3 dalam pembinaan dan pemeriksaan serta penegakan hukum bidang K3, Meningkatkan kesadaran pengusaha/pengurus, tenaga kerja dan masyarakat sehingga memiliki kompetensi dan kewenangan bidang K3, Meningkatkan peran asosiasi-asosiasi profesi K3 dan perguruan tinggi yang memiliki program K3,
Meningkatkan peran serta Indonesia dalam forum-forum Regional dan Internasional dalam bidang K3.

Melalui kesempatan yang baik ini saya mengharapkan agar semua pihak untuk melakukan upaya konkrit terhadap pelaksanaan K3 di lingkungannya masing-masing. Sehingga budaya K3 benar-benar terwujud disetiap tempat di seluruh tanah air.

Baru saja kita telah bersama-sama mengikuti acara Pencanangan sebagai tanda dimulainya Bulan K3 Nasional Tahun 2019 secara resmi, dengan harapan kegiatan dalam mengisi Bulan K3 Nasional ini diikuti secara nasional di semua Lembaga, Institusi, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi dan Perusahaan. Untuk itu saya sampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang terus mengembangkan serta membudayakan K3. Pungkasnya (Hms)

tags:

Related For Wabup Pimpin Upacara Peringatan Hari K3 dan Apel Gabungan Korpri.