Wabup Topan Amrullah Lepas Peserta Pawai Ta’aruf

Sabtu, Mei 4th 2019. | Malinau

Malinau, MK – Dilepas oleh Wakil Bupati (Wabup) Malinau Topan Amrullah, S.Pd., M.Si di Siring daerah Seluwing Kecamatan Malinau Kota, sebanyak kurang lebih 300 peserta Pawai Ta’aruf akan berjalan menuju Masjid At-Taqwa Desa Malinau Seberang Kecamatan Malinau Utara, Sabtu (4/5).

Foto: Humas

Pawai Taaruf ini adalah bagian dari agenda memasuki Bulan Ramadan. Di tempat-tempat lain, seyogianya Pawai Taaruf ini juga diikuti dengan Tarhib Ramadan.

“Jadi hari ini kita diingatkan bahwa dua atau tiga hari ke depan, kita sudah memasuki Bulan Ramadan. Supaya tidak kaget. Jangan sampai ibarat orang mau ikut bertanding, tidak ada persiapan, tiba-tiba langsung ikut lari. Memang semangat luar biasa. Tetapi baru 10 – 20 meter, kemudian nafasnya sudah habis ngos-ngosan. Kenapa? Karena tidak ada persiapan.

“Jadi ibarat orang yang mau bertempur, ibarat orang yang mau berperang, ibarat orang yang mau ikut perlombaan, maka harus ada persiapan-persiapannya,” ujar Wabup Topan saat menyampaikan arahannya.

Jadi kegiatan Pawai Taaruf hari ini adalah bagian dari upaya untuk mengingatkan kita semua, khususnya umat Islam di Kabupaten Malinau, bahwa dalam beberapa hari ke depan kita sudah memasuki Bulan Ramadan.

Seyogianya sebagaimana para sahabat Nabi pada zaman dahulu 1500 tahun lalu. Menjelang Bulan Ramadan mereka sangat senang dan sangat berbahagia, karena di dalam Bulan Ramadan Allah membukaan pintu rahmat, pintu berkah dan pengampunan dosa seluas-luasnya. Dan membuka pintu surga selebar-lebarnya bagi umat Islam. Sehingga para sahabat dan sahabiah pada saat itu sangat berbahagia menyambut Bulan Ramadan. Dan syiar inilah yang harus kita gaungkan di tengah masyarakat muslim seluruh Indonesia dan khususnya di Kabupaten Malinau.

Di zaman Nabi, para sahabat itu di Bulan Syaban dan sebagaimana sekarang ini, itu mereka berpuasa lebih banyak daripada puasa di bulan-bulan lain selain daripada Bulan Ramadan. Hamir mendekati Bulan Ramadan puasanya. Sehingga pada saat masuk Bulan Ramadan, fisik sudah siap, mental sudah siap dan iman sudah siap untuk menjalankan aktivitas puasa.

Kemudian kepada panitia, imbauan sekaligus mengingatkan. Kalau saya lihat pesertanya ini banyak dari sekolah ya dan madrasah, serta ada dari pondok pesantren, harapannya ke depan kepada Panitia Hari Besar Islam (PHBI) ini dikelola dan dilaksanakan dengan serius.

“Kita punya Ikatan Remaja Masjid (IRMA), kita punya organisasi masyarakat (Ormas), kita punya pengurus-pengurus masjid. Di Kecamatan Malinau Kota saja itu masjid banyak. Minimal pengurus masjid ada lah di dalam kegiatan semacam ini,” pungkasnya.

Jadi syiar Islam ini harus kita gaungkan, supaya masyarakat muslim itu tahu bahwa sebentar lagi kita masuk Bulan Ramadan. Mudah-mudahan nanti panitia Safari Ramadan dan PHBI pada saat Pawai Takbir pesertanya bisa dimaksimalkan. Dan kepada para peserta, tadi juga sudah dibacakan doa bahwa tiap tetes keringat yang jatuh, itu adalah pahala buat kita. Terutama adik-adik yang luar biasa, anak-anak kita. Dan terima kasih kepada para ustaz ustazahnya, orang tua yang sudah mendampingi anak-anaknya pada hari ini untuk mengikuti kegiatan Pawai Taaruf Ramadan 1440 Hijriah.

“Tolong nanti para guru dan orang tua yang mendampingi peserta, khususnya anak-anak, supaya tertib, rapi di perjalanan sehingga berangkat dari sini dalam keadaan sehat, maka sampai di tempat tujuan juga dalam keadaan sehat,” pesannya.

Wabup Topan berharap kegiatan ini tidak berhenti di sini, semoga dalam Bulan Ramadan ada juga kegiatan-kegiatan lain semacam ini yang bisa digalakan dan maksimal dalam pelaksanaannya.
Tampak hadir pada kegiatan ini Sekretaris Kabupaten Malinau Dr. Ernes Silvanus, S.Pi., MM, Kadis Perhubungan H. Kamran, pengurus PHBI Malinau serta panitia Safari Ramadhan. (ags/hms)

tags: ,

Related For Wabup Topan Amrullah Lepas Peserta Pawai Ta’aruf