wisata-kaltara

Walikota Setujui Wacana Full Day School

Friday, August 12th 2016. | Headline, Tarakan
Walikota Tarakan Ir Sofian Raga

Walikota Tarakan Ir Sofian Raga

TARAKAN, MK – Wacana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy ingin menerapkan sistem full day school mendapat sambutan positif Walikota Tarakan Ir Sofian Raga. Bahkan, walikota ingin segera menerapkan sistem tersebut di Bumi Paguntaka.

Full day school itu baik, kenapa? Karena  ada cukup waktu bagi siswa, bagi anak-anak kita berada di sekolah. Pastikan kalau berada di sekolah, namanya sekolah itu tempat mendidik, membina dan membangun karakter mereka disana,” kepada ujarnya Metro Kaltara, Kamis (11/08).

“Kalau sekarang ini pukul 14:00 Wita sudah pulang.  Setelah itu waktu anak kosong. Syukur-syukur jika anak di rumah saja, kalau di luar rumah? Nah itu kan kegiatannya tidak terkontrol. Orangtuanya gak ngontrol, gurunya gak ngontrol. Tapi kalau full day school itu dia di lingkungan sekolah,” imbuhnya.

Meskipun demikian kegiatan full day school tak seharian belajar saja, melainkan perlu dimodifikasi dengan kegiatan ekstrakurikuler. Jadi intinya waktu siswa lebih banyak diawasi dan terkontrol. “Nah di luar negeri aja sudah jalan semua, itu anak-anak kecil, pagi ke sekolah nanti sore baru sampai di rumah. Sampai dirumah sudah dalam lingkungan keluarga,” tegasnya.

Sofyan mengungkapkan sebelum menerapkan sistem itu Pemkot Tarakan khususnya Dinas Pendidikan akan membenahi dulu sarana dan prasarana sekolah serta Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pengajar.

“Ada beberapa sekolah yang bisa duluan menerapkan full day school, khususnya yang tidak masuk sore. Pilot project dulu dech satu. Nanti kita lihat perkembangannya, sehingga sekolah itu perlu kesiapan karena mereka selain belajar juga ada kegiatan-kegiatan yang disiapkan disekolahnya supaya tidak jenuh,” tuturnya. (aras/MK*1)

tags:

Related For Walikota Setujui Wacana Full Day School