wisata-kaltara

Waspada Pencurian Rumah Kosong di Bulungan

Tuesday, November 27th 2018. | Headline, Tanjung Selor

ist

TANJUNG SELOR, MK – Hingga bulan November 2018, sebanyak 8 kasus pencurian rumah kosong (rumsong) di Kabupaten Bulungan masih dalam proses penyelidikan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Bulungan. Delapan kasus tersebut diduga dilakukan oleh pelaku yang sama. Kemudian barang-barang yang diambil pelaku disetiap TKP sama, yakni perhiasan, emas, dan uang

Dikatakan Kapolres Bulungan AKBP Andrias Susanto Nugroho melalui Kasat Reskrim Polres Bulungan AKP Gede Prasetia Adi Sasmita, setelah pelaku melancarkan aksinya pada rentang waktu bulan Maret hingga April tahun ini, belum lama ini pelaku kembali beraksi.

“Sudah ada 8 rumah sejauh ini yang telah menjadi target pelaku. Itu yang korbannya melapor, juga ada yang tidak melapor. Beberapa hari lalu kembali ada laporan, ada sebanyak dua perkara,” ujarnya kepada Metro Kaltara saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (27/11).

Dari hasil penyelidikkan yang dilakukan unit kejahatan dan kekerasan (Jatanras) di lapangan diketahui bahwa modus pencurian rumsong yang terjadi pada rentang waktu pagi hari hingga pukul 14.00 WITA siang. Adapun rumsong yang menajdi sasaran adalah rata-rata rumah milik warga yang aktivitas

“Jadi pelaku beraksi pagi sekira pukul 07.00 sampai pukul 14.00 WITA, setelah itu tidak ada kejadian lagi. Modusnya sama, targetnya perhiasan dan uang tunai. Pelaku selalu mencari rumah yang kosong yang mana ditinggal pemiliknya berkerja disiang hari. Targetnya adalah rumah PNS ataupun meraka yang meninggalkan rumah pada pagi hingga sore hari,” jelasnya.

Disinggung mengenai apakah dari semua kejadian yang ada pelakunya hanya satu orang yang sama, dikatakan Gede jika dilihat dari modusnya maka dapat disimpulkan pemainnya merupakan orang yang sama. Pelaku kata dia diduga merupakan orang luar dari Kabupaten Bulungan, meski demikian kata dia pihaknya juga menduga ada keterlibatan orang Bulungan saja.

“Sebenarnya pelaku ini sudah kami profiling, hanya saja hingga saat ini kami masih memastikan bahwa pelaku ini benar orang yang kami maksud. Kami curiga, pelaku ini dalam setiap menjalankan aksinya selalu ada yang memberikannya petunjuk mengenai situasi dan kondisi sekitar rumah target,” bebernya.

Pengungkapan pelaku kata Gede, saat ini hanya menunggu waktu saja, sebab ia katakan pihaknya telah melalakukan profiling terhadap pelaku dalam kasus ini. Terlepas dari itu, pihaknya juga tak pernah bosan untuk meminta masyarakat agar bisa memasang kamera pengawas di rumahnya. Selain itu pintu rumah maupun jendela disarankan untuk diberi tralis besi.

“Kami masih memastikan betul bahwa pelaku ini ialah orang yang kami maksud. Kamera pengintai diupayakan dipasang. Dengan terpasang saya yakin pelaku akan berpikir banyak kali untuk bisa melakukan aksinya, terlebih siang hari. Itu bukan barang yang mahal lagi saat ini,” terangnya. (ars)

tags: , ,

Related For Waspada Pencurian Rumah Kosong di Bulungan