Gubernur Kaltara Resmikan Kampung Trengginas Tarakan

by Redaksi Kaltara
  • Irianto Lambrie Pertanyakan Ketidakhadiran Walikota Tarakan

Tarakan, MK – Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie resmikan peluncuran kampung Trengginas di Kota Tarakan, program yang di gagas Kapolri melalui Polda Kaltara berlangsung di Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan.

Dalam Sambutannya, Irianto Lambrie mengungkapkan Kampung trengginas dibentuk sebagai upaya menggerakkan partisipasi masyarakat, untuk bergotong royong melakukan pencegahan dan penanganan Covid-19 dengan cara yang tepat, cepat dan trengginas sesuai dengan namanya.

“Melalui Kampung Trengginas, diharapkan adanya partisipasi masyarakat dalam upaya melakukan pencegahan. Utamanya dalam menyambut penerapan pola kehidupan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Irianto Lambrie juga mempertanyakan ketidakhadiran Walikota Tarakan, Khairul dalam peluncuruan Kampung Trengginas di Kota Tarakan,  Irianto mengaku kecewa Walikota Tarakan tidak mendukung program Kapolda Kaltara dan Dandrem 092/Mrl .

Lebih lanjut Irianto menjelaskan, sesuai informasi dari Gugus Tugas Nasional Penanganan Covid-19, Kalimantan Utara termasuk di antara 10 provinsi yang bisa menerapkan new normal. “Atas nama pribadi dan juga Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Polda Kaltara, atau jajaran Polri dan juga TNI yang telah bekerja keras, melakukan penegakan disiplin dan upaya-upaya lain dalam mencegah penyebaran Covid-19”, jelasnya.

Pemerintah Provinsi Kaltara mendukung sepenuhnya terbentuknya Kampung Trengginas di Kalimantan Utara. Gubernur juga memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan dan Sekretaris Daerah (Sekprov Kaltara) untuk mendata bantuan bantuan apa yang di butuhkan dalam mendukung program Kampung Trengginas.

“Kita siap membantu, sesuai dengan kewenangan dan kemampuan kita. Silakan nanti dikoordinasikan langsung ke OPD terkait di Pemprov Kaltara, jika memang ada yang perlu dibantu”, pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Utara, Irjen Pol Indrajit menerangkan sejauh ini progress Kampung Trengginas di Tarakan merupakan yang keempat di Kaltara dimana setiap Polres memiliki Kampung Trengginas.

“Semua kampung diharapkan melakukan hal yang serupa, disiplin pertahanan diri di mulai dari bawah dengan tujuan pencegahan penyebaran virus Covid 19, Ketahanan ekonomi dan pangan,” ungkapnya.

Kapolda mengharapkan semua masyarakat mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan agar masalah Covid 19 akan cepat selesai. Kapolda juga mengaku sangat prihatin dengan masih maraknya peredaran narkoba di Kaltara. (SNI/Red)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: