Ingkong Ala: Manfaatkan Bantuan BLT-DD Sebaik-baiknya

by Redaksi Kaltara
BULUNGAN, MK – Sebanyak 104 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Bumi Rahayu, Kecamatan Tanjung Selor mendapatkan Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT-DD) pada Sabtu (27/3). BLT yang diterima untuk bulan Januari, Februari dan Maret masing-masing sebesar Rp300 ribu sehingga tiap KPM total mendapat Rp900 ribu.
Wakil Bupati (Wabup) Bulungan, Ingkong Ala, SE, M.Si mengingatkan bahwa prioritas penggunaan Dana Desa diarahkan untuk program dan percepatan pencapaian SDGS Desa atau tujuan pembangunan berkelanjutan di desa.
“Saya berpesan agar dana bantuan yang diberikan dari BLT-DD ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Bahkan dapat menjadi modal kegiatan untuk usaha produktif,” kata Wabup.
Selain penyerahan BLT, Wabup turut mengunjungi Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Bumi Rahayu dan menyaksikan proses pelaksanaan vaksinasi tahap 1 untuk para Lansia yang berusia 60 tahun ke atas.
Sementara, Kepala Desa Bumi Rahayu, Sri Widodo menjelaskan, penerima BLT-DD tahun 2021 di desanya mengalami penurunan bila dibandingkan 2020 yakni 181 orang. Hal tersebut karena sebagian KPM yang diusulkan tidak memenuhi syarat dan kriteria yang diajukan oleh Kementrian Desa dan PDTT, yaitu prioritas BLT-DD diperuntukkan bagi masyarakat yang benar-benar miskin dan masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos RI. Usulan KPM dikuatkan juga dalam forum musyawarah desa khusus, yang dihadiri pengurus RT/RW yang ada di wilayah Desa Bumi Rahayu.
“Saya berpesan kepada bapak ibu yang menerima BLT hari ini tolong pergunakan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya. Saya tidak ingin, hari ini menerima uang besok sudah habis,” pesan Kades.
Penyaluran BLT dilakukan dengan protokol kesehatan. Setiap KPM yang hadir diwajibkan mengenakan masker dan datang sendiri sesuai dengan undangan yang telah diedarkan dan membawa persyaratan fotocopi KTP/KK serta KTP Asli . Acara turut dihadiri Camat Tanjung Selor, DPMD, Inspektorat, Bappeda dan Litbang Bulungan. (an/red)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: