Pasar Induk Malinau Aman Dikunjungi

by Redaksi Kaltara

Malinau – Gugus Tugas Covid-19 Malinau kembali melakukan Rapid Test di Pasar Induk Malinau. Ini merupakan rapid kedua yang dilaksanakan, pada Jum’at (29/05).

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Pemberantasan Penyakit Abdul Jaya Nazar menjelaskan bahwa pelaksanaan Rapid Test di Pasar Induk ini adalah yang kedua kalinya. Hal ini untuk menindaklanjuti hasil dari Rapid Test yang pertama karena masa inkubasi Covid-19 yaitu selama 14 hari.

“Jadi kita ingin melihat kembali mereka yang negatif pada rapid pertama, apakah juga akan masih negatif,” jelasnya.

“Alhamdulillah ternyata semua yang mengikuti Rapid Test hari ini (Jum’at) khususnya pedagang Pasar Induk yang berjumlah sekitar 78 orang semuanya negatif,” ungkapnya.

Kali ini, juga ada tambahan peserta rapid diantaranya yaitu dari Batalyon sebanyak 12 orang, kemudian tracing yang kontak dengan rapid reaktif ada 6 orang tetapi hasilnya juga negatif.

“Ada 1 dari luar yaitu travel menunjukkan reaktif. Tapi tadi sudah kita edukasi sampaikan, apakah dia karantina mandiri atau nanti dikarantina di gedung SMP. Lebih lanjut nanti akan kita tindaklanjuti,” ucapnya.

Adapun jumlah semua yang mengikuti Rapid Test kedua hari ini sebanyak 97 orang.

“Berhubungan dengan hasil Rapid Test yang menunjukkan negatif bagi pedagang pasar induk, ini menunjukkan bahwa saat ini pasar aman untuk dikunjungi,” jelasnya.

“Meski ada beberapa yang belum mengikuti rapid ulang tetapi dengan melihat indikasi yang ada sekarang ini Pasar Induk aman. Tidak ada masalah, jadi kegiatan jual beli masih bisa dilaksanakan,” tuturnya. (Diskominfo)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: