Plt Bupati Malinau Hadiri Pembukaan SAKIP

by Redaksi Kaltara
Malinau- Pjs. Gubernur Kalimanatan Utara (Kaltara) Dr. H. Teguh Setyabudi, M.Pd membuka secara resmi kegiatan Workshop Pendampingan Penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Provinsi dan Kabupaten/Kota di lingkungan Provinsi Kalimantan Utara.
Pembukaan workshop ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Pjs. Gubernur Kaltara yang berlangsung di ruang Laga Feratu Kantor Bupati Malinau, pada Jum’at (23/10).
Dalam sambutannya Plt. Bupati Malinau Dr. Topan Amrullah, S.Pd, M.Si mengatakan bahwa sistem manajemen pemerintahan diharapkan berfokus pada peningkatan akuntabilitas sekaligus peningkatan kinerja yang berorientasi pada hasil (outcome).
“Karena itu pemerintah telah menetapkan pertanggung jawaban yang jelas dan terukur serta efektif yang disebut dengan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP),” ujarnya.
Adapun tujuan dari SAKIP ini ialah untuk mendorong terciptanya akuntabilitas instansi pemerintah sebagai salah satu prasyarat untuk terciptanya pemerintahan yang baik dan terpercaya.
Sedangkan sasaran dari SAKIP ini kata Dr. Topan, antara lain pertama menjadikan instansi pemerintah yang akuntabel sehingga dapat beroperasi secara efisien, efektif dan responsif terhadap aspirasi masyarakat dalam lingkungannya, kedua terwujudnya transparansi instansi pemerintah, ketiga terwujudnya partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan dan keempat terpeliharanya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah itu sendiri.
Kemudian hasil evaluasi atas penerapan SAKIP di Kabupaten Malinau sendiri sejak tahun 2017 sampai dengan 2019 memiliki predikat penilaian CC atau Cukup dan belum ada perubahan yang signifikan.
Karena itu, Dr. Topan meminta kepada seluruh Kepala OPD beserta jajarannya untuk segera melakukan pembenahan, mengambil langkah-langkah otentik pada masing-masing unit kerja sehingga apa yang menjadi tujuan dari pelaksanaan reformasi birokrasi bisa diwujudkan bersama.
“Mudah-mudahan langkah kita hari ini dapat menjadi awal yang baik bagi kemajuan Kabupaten Malinau,” ucapnya.
Sementara itu, Pjs. Gubernur Kalimanatan Utara (Kaltara) Dr. H. Teguh Setyabudi, M.Pd menginginkan pemerintahan di provinsi, kabupaten/kota untuk bisa menjadi lebih baik lagi. Misal terkait pelayanan itu harus semakin baik, demikian juga dengan pengelolaan anggaran harus lebih baik lagi.
“Karena ujungnya itu kita harus mampu mensejahterakan masyarakat artinya strategi kita harus lebih baik, berkualitas, bisa lebih cepat sesuai dengan arahan presiden bahwasannya sekarang ini kita harus memberikan pelayanan yang lebih baik, jika bisa lebih cepat lagi ini yang harus kita lakukan,” tegasnya.
Selain itu Dr. H. Teguh juga menekankan kepada seluruh peserta yang sebagian besar adalah organisasi perangkat daerah khususnya Pimpinan OPD untuk betul-betul memperhatikan bagaimana penyusunan SAKIP ini. Tidak semata-mata hanya staf saja yang mengerjakan tetapi Pimpinan OPD juga harus ikut serta mulai dari awal penyusunan, begitu juga terkait perencanaannya, kemudian bagaimana pengeluaran dan pelaporannya sampai dengan kinerjanya.
“Jadi betul-betul kita harus melihat itu semua. Karena ini adalah bagian dari perundang-undangan kita juga,” tuturnya. (ian/red)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: