Sekda : Tujuan Penguatan SAKIP Untuk Menciptakan Pemerintah Yang Baik dan Tepercaya

Selasa, Agustus 20th 2019. | Malinau

Malinau – Sekda Kabupaten Malinau Dr. Ernes Silvanus S. Pi, MM mengatakan pengusulan, penetapan dan pembinaan reformasi birokrasi pada pemerintah daerah merupakan langka strategis untuk mewujudkan pemerintahan daerah dengan berpedoman pada prinsip tata kelola pemerintah yang baik.

Foto: Humas

Sekda menyebutkan hal itu, ketika menyampaikan sambutan Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si, pada acara workshop pendampingan reformasi birokrasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia dan Biro Organisasi Sekprov Kaltara bertempat Hotel MC, Selasa (20/8).

“Tujuan dari sisten akuntabilitas kinerja pemerintah (Sakip) adalah untuk menciptakan pemerintahan yang baik dan terpercaya,” ujar sekda.

Menurutnya, pemerintah yang baik ditandai dengan tiga pilar elemen dasar yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya yaitu transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas dalam rangka mewujudkan visi Kabupaten Malinau yang Maju dan sejahtera melalui Gerakan Desa Membangun (Gerdema).

Sekda berharap kepada seluruh peserta workshop untuk dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga dalam pelaksanaannya dapat memahami serta dapat mengaplikasikannya dalam penyusunan sakip masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD).

Sementara itu Kepala Biro Organisasi Sekprov Kaltara Drs. H. Abdul Madjif S. M.Si mewakili Gubernur kaltara sekaligus membuka acara workshop tersebut mengatakan Sakip tidak hanya sekedar alat, aktifitas, tapi sebagai sarana yang strategis untuk mengevaluasi diri yaitu masing-masing OPD dalam rangka meningkatkan kinerja kedepannya, karena dewasa ini seluruh roda pemerintahan dituntut untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan baik.

Abdul Majid Berharap kepada seluruh OPD untuk segera melakukan pembenahan pengambilan langkah-langka kongkrit pada masing-masing unit kerja semoga apa yang menjadi tujuan reformasi birokrasi bisa dilaksanakan dengan sebaiknya.

Setelah acara workshop dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen pencapaian akuntabilitas kinerja Pemerintah Kabupaten Malinau oleh kepada OPD disaksikan oleh Sekda Malinau. (red/hms)

tags: ,

Related For Sekda : Tujuan Penguatan SAKIP Untuk Menciptakan Pemerintah Yang Baik dan Tepercaya