Dari 2014-2018, 245 Siswa Difasilitasi Masuk ADIK

by Muhammad Aras

TANJUNG SELOR, MK – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) terus berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya generasi muda agar dapat mempunyai daya saing, kompetensi, profesionalime, sehibngga pada akhirnya mampu membangun Kaltara.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Disdikbud) Kaltara, Firmananur mengatakan, dari 2014 hingga 2018 sebanyak 245 orang siswa asal Kaltara difasilitasi Pemprov Kaltara unutk melanjutkan pendidikan pada jenjang perguruan tinggi. “245 siswa itu mengikuti dan lolos seleksi program ADIK (Afirmasi pendidikan tinggi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yang difasilitasi Pemprov Kaltara melalui Disdikbud,” jelasnya. Fasilitasinya meliputi pengajuan kuota program ADIK hingga pembiayaan akomodasi dan transportasi bagi yang lolos seleksi mengikuti program ADIK.

Firman mengatakan, pada 2014 sebanyak 30 siswa asal Kaltara lolos seleksi ADIK melalui fasilitasi Pemprov Kaltara. Lalu, 2015 lolos 28 orang, 2016 lolos 40 orang, 2017 lolos 100 orang dan Pemprov terlibat dalam proses seleksinya. Selanjutnya, pada 2018 47 orang khusus siswa yang berada di wilayah 3T di Nunukan dan Malinau difasilitasi masuk ADIK.

“Untuk 2020, program ADIK langsung ke kabupaten/kota sehingga dari kabupaten/kota yang melaksanakannya. Pemprov tidak terlibat lagi dalam proses seleksinya. Sementara untuk 2021, kami belum mendapatkan info, karena saat ini, dari informasi yang kami terima Dikti gabung dengan Kemendikbud,” tutupnya.(humas)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: