Masyarakat Bantaran Sungai Sembakung Diminta Waspada

by Redaksi Kaltara
  •  Curah Hujan Tinggi di Daerah Hulu Sungai

NUNUKAN – Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid menghimbau masyarakat yang tinggal di daerah bantaran Sungai Sembakung agar bersiap – siap mengantisipasi terjadinya banjir kiriman dari hulu.

Himbauan itu dikeluarkan Bupati Laura menyusul informasi yang diperolehnya dari Lumbis, pelaksana tugas camat Lumbis Pansiangan Selasa (10/3), bahwa di daerah Nabawan dan Sepulut, di Sabah – Malaysia, yang merupakan hulunya Sungai Sembakung saat ini sudah memasuki puncak musim penghujan.

Berdasarkan pengalaman – pengalaman sebelumnya, jika curah hujan sedang tinggi di daerah hulu sungai, maka kemungkinan besar wilayah di daerah hilir yang meliputi wilayah di Kecamatan Lumbis dan Sembakung akan mengalami banjir, yang tidak jarang sampai merendam kawasan perumahan penduduk.

Sebagai langkah antisipasi, Laura menghimbau kepada masyarakat agar bersiap siaga, serta mengamankan dokumen dan barang – barang berharga yang dimilikinya di tempat yang aman. Laura juga mengintruksikan agar Camat Lumbis dan Sembakung, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan dan PMI untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan jika sewaktu – waktu terjadi banjir besar.

“Semua harus kita persiapkan sejak dini, sehingga jika sewaktu – waktu terjadi banjir sudah ada skenario penanganan yang disiapkan, sambil kita terus berdoa semoga curah hujan di wilayah hulu tidak terlalu tinggi – sehingga kalaupun terjadi banjir tidak sampai merendam kawasan pemukiman,” kata Laura. (RED/HUMAS)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: