Pemprov Lakukan Penanganan Serius Pandemi Covid-19

by Muhammad Aras

TANJUNG SELOR, MK – Pemerintah Provinsi tentu saja menyatakan prihatin atas perkembangan pandemi covid 19 di Kaltara yang beberapa hari terakhir penambahannya cukup masih, dimana per tgl 22 November 2020 jumlah total yang terkonfirmasi positif ada 1144 orang, bertambah 54 orang dibanding hari sebelumnya, dimana yang sembuh tercatat 889 orang, yang masih dirawat ada 242 orang dan yang meninggal 15 orang.

Penambahan yang terbesar adalah di Kota Tarakan yang dibandingkan hari sebelumnya bertambah 47 orang, dan di Bulungan tambah 7 orang. Dengan demikian di Tarakan yang terkonfirmasi positif menjadi 564 orang, Bulungan 351 orang, Malinau 138 orang, Nunukan 74 orang dan Tana Tidung 17 orang.

Sehubungan dengan hal tersebut Pemprov akan mengambil kebijakan dan tindakan kongkrit dengan mengutakan aspek kesehatan masyarakat namun juga dengan tetap mempertimbangkan agar roda perekonomian tetap jalan.

Pemprov akan membahas secara khusus dengan Walikota dan Bupati se Kaltara, dimana kita bersama akan menerapkan aturan2 yang ada dalam Pergub atau Perwali dan Perbup yang mengatur penanganan pandemi covid 19, sambil secara simultan akan meningkatkan status Perkada tersebut menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Seluruh Pemerintah Kabupaten dan Kota se Kaltara harus sudah membentuk Satgas Penanganan Pandemi Covid 19 dan betul-betul mengefektifkan Satgas tersebut agar bisa berperan dalam menangani pandemi covid 19 secara baik.

Penindakan kepada pihak-pihak yang melanggar protokol kesehatan covid 19 akan dilakukan, khususnya yang melanggar 3 M dan masalah kerumunan.

Pengawasan terhadap transportasi umum, pelabuhan, bandara, terminal, pasar, restaurant dan cafe serta lokasi-lokasi yang berpeluang terjadinya kerumunan termasuk kampanye-kampanye pilkada.

Jajaran Satpol PP didukung TNI/POLRI akan melakukan operasi dan tindakan dalam penanganan pandemi covid 19 agar penyebaran covid 19 dapat dicegah dan diminimalisasi.

Pemerintah Provinsi juga akan lebih memperhatikan pelaksanaan 3 T, yaitu testing, traching dan treathment, sehingga penangan pandemi covid 19 bisa dilakukan secara komprehensif

Untuk langkah-langkah lain, akan dikomunikasikan dan dibahas lebih lanjut dengan seluruh Bupati/Walikota se Kaltara dan juga jajaran Forkopimda.

Pemerintah juga menghimbau seluruh elemen masyarakat dan seluruh stakeholder untuk betul-betul disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Jangan remehkan covid 19 atau virus corona, virus tersebut adalah musuh kita semua, musuh yang tidak terlihat. Mari betul-betul waspadai covid 19, apalagi menjelang pilkada, natal dan tahun baru. (Humas)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: