Rita Kukuhkan Pengurus TBMI Kaltara

by Muhammad Aras

TARAKAN, MK ‚Äď Bertempat di gedung pertemuan SMA Negeri 1 Tarakan, 43 orang pengurus Taman Bacaan Masyarakat Indonesia (TBMI) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dan perwakilan dari pengurus TBMI Cabang Kabupaten dan Kota se-Kaltara dikukuhkan Bunda Baca Kaltara, Hj Rita Ratina Irianto Lambrie pada Senin (7/9). ‚ÄúBerdasarkan laporan Ketua TBMI Kaltara Husnul Jojon, saat ini telan ada sekitar 221 orang yang tergabung sebagai pengurus TBMI baik provinsi maupun kabupaten/Kota,‚ÄĚ kata Hj Rita.

Keberadaan TBMI cukup penting. Sebab,¬†budaya membaca¬†di masyarakat Indonesia¬†belum dianggap sebagai suatu kebutuhan. Akibatnya, minat baca anak juga masyarakat menjadi¬†rendah. ‚ÄúDari itu, saya berharap¬†agar lebih banyak lagi generasi muda yang turut andil dalam upaya meningkatkan minat baca di Kaltara,‚ÄĚ jelasnya.

‚ÄúPengukuhan ini sebagai upaya dalam meningkatkan dan mendorong minat baca masyarakat Kaltara sehingga menjadikan provinsi ini menjadi provinsi¬†literasi di¬†masa mendatang,‚ÄĚ imbuhnya.

Hj Rita meyakini, dengan¬†membaca orang dapat menjelajahi dunia yang tak terbatas, melihat segala sesuatunya dari sudut pandang yang berbeda. Dan,¬†karena pengetahuan, pengalaman¬†dan pendidikanlah orang dapat menentukan sudut pandangnya.¬†‚ÄúSemakin luas pengetahuan kita miliki, semakin luas pula sudut pandang kita jangkau,‚ÄĚ ungkapnya.

Berkaca dari hal tersebut, Hj Rita mengharapkan pula agar pembangunan yang dilaksanakan tidak hanya tertumpu pada pemanfaatan sumber daya alam, tetapi juga tertuju pada pembangunan karakter yang kuat melalui pembudayaan literasi yang merata, dan peningkatan kompetensi ¬†masyarakat. ‚ÄúKerisauan ini hadir, lantaran melihat perilaku masyarakat belakangan ini yang telah banyak meninggalkan buku dan lebih beralih ke gadget,‚ÄĚ tutupnya.(humas)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: