Sekda Malinau Buka Launching Aplikasi Sidak Poktan

by Redaksi Kaltara
Malinau- Sekretaris Daerah (Sekda) Malinau Dr. Ernes Silvanus, S.Pi, MM membuka secara resmi Launching dan Sosialisasi Aplikasi Sidak Poktan (Sistem Informasi Data Aktualisasi Kinerja Kelompok Tani) yang berlangsung di ruang Laga Feratu Kantor Bupati Malinau, pada Selasa (03/11).
Dalam sambutannya Kepala Dinas Pertanian Dr. Afri ST. Padan, SP, M.Si menjelaskan bahwa kegiatan peluncuran dan sosialisasi aplikasi ini merupakan pembuka implementasi dari proyek perubahan yang dilakukan oleh Dinas Pertanian berupa digitalisasi data pertanian.
‚ÄúLaunching ini juga menjadi bukti tanggung jawab saya selaku reformer yang mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XII Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Pusat Pelatihan dan Pengembangan Kajian Desentralisasi Otonomi Daerah Lembaga Administrasi Negara,‚ÄĚ ujarnya.
Judul proyek perubahan ini yaitu Sistem Informasi Data Aktual Kinerja Kelompok Tani (Sidak Poktan) Pembangunan Pertanian Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara.
Adapun gambaran dari aplikasi ini yaitu terdiri dari 6 menu utama. Pertama menu profil tentang gambaran umum visi dan misi, tupoksi dinas pertanian, struktur organisasi dan produk hukum.
Kedua menu usulan dan layanan yang terdiri dari 15 usulan pilihan di 4 bidang dan 3 UPTD Dinas Pertanian. Ketiga menu bantuan berupa bukti dokumentasi surat maupun foto kegiatan bantuan yang diberikan kepada petani melalui kelompok tani.
Keempat permasalahan bantuan dikhususkan terhadap laporan yang disampaikan baik dari PPL, petani kepada pejabat di instansi tentang masalah teknis kegiatan maupun pengadaan yang digagas oleh petani.
Kelima Poktan Kecamatan adalah kumpulan daftar kelompok tani dari setiap desa, kecamatan di Kabupaten Malinau yang telah terdaftar dan legal sebagai kelompok tani. Keenam adalah menu publikasi yang terdiri dari informasi kinerja kelompok tani, baik berupa foto, berita atau cerita dan video kegiatan.
Manfaat dari aplikasi Sidak Poktan ini adalah mengoptimalkan peran petani, penyuluh dan kelembagaannya untuk mendorong tersedianya informasi, data faktual dan kinerja kelompok tani. Kemudian tersedianya data digital pertanian yang diperlukan sebagai bahan perencanaan, monitoring dan evaluasi bagi semua stakeholder terkait.
Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Malinau Dr. Ernes Silvanus, S.Pi, MM mewakili pemerintah daerah memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas Pertanian yang sudah membuat suatu terobosan baru berupa sistem yang berkaitan dengan data faktual tentang kinerja kelompok tani.
‚ÄúDengan adanya sistem ini akan memudahkan kita dalam menyusun perencanaan maupun monitoring dari kerja kelompok tani. Tadi saya juga sudah sampaikan jika perlu tambah titik koordinat agar kita mudah untuk mencari kelompok tani A dimana, B dimana karena dengan adanya titik koordinat ini bisa lebih memudahkan kita,‚ÄĚ ucapnya.
Karena itu, Dr. Ernes berharap dengan adanya aplikasi Sidak Poktan ini bisa membantu dalam pengambilan kebijakan di bidang pertanian dan membantu ketahanan pangan terutama untuk Malinau, agar kedepan tidak lagi mengimpor bahan-bahan pertanian maupun pangan dari luar. (ian/red)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: