Sipelandukilat akan Layani Warga Sebatik

by Muhammad Aras

TANJUNG SELOR, MK ‚Äď Program Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan di Wilayah Perbatasan dan Pedalaman (Sipelandukilat), kembali digelar pada Rabu (18/11) nanti. Sasarannya, wilayah perbatasan Kabupaten Nunukan, tepatnya di Pulau Sebatik.

Disebutkan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Sanusi, lokasinya di Kecamatan Sebatik Timur dan Sebatik Barat. ‚ÄúTeknis pelayanannya seperti biasa, dengan melihat keadaan disana apakah dengan sistem ranger atau tim akan dibagi, atau dikumpulkan dalam satu tempat namun tetap mematuhi protokol kesehatan,‚ÄĚ katanya, kemarin (16/11).

Untuk pelayanan ini, Disdukcapil Kaltara bekerjasama dengan Disdukcapil setempat. ‚ÄúRencananya unutk pelayanan adminsitarsi kependudukan di Sebatik Timur akan dipadukan dengan pelayanan identitas hukum perkawinan. Kita bekerjasama dengan Pengadilan Agama untuk Isbat Nikah dan KUA (Kantor Urusan Agama) untuk pembuatan Akta Nikah, Buku Nikah. Sedangkan untuk Sebatik Barat dan Utara, pelayanan jemput bola khusus perekaman e-KTP,‚ÄĚ jelasnya.

Target dokumen yang dicanangkan pada kegiatan kali ini, antara 700 hingga 1.500 dokumen kependudukan dan pencatatan sipil dapat tercetak. ‚ÄúKami tak hanya melayani perekaman e-KTP, tapi juga melayani pembuatan Akte Kelahiran dan lainnya,‚ÄĚ urainya.

Belum lama ini, Sipelandukilat juga dilakukan di Desa Binai, Tanjung Palas Timur, Bulungan.(humas)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: