Syarwani Apresiasi Kementan Paparkan Strategi Pembangunan Pertanian di Bulungan

by Redaksi Kaltara

Bulungan, MK – Kementerian Pertanian (Kementan) RI melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melaksanakan audiensi dengan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan di Ruang Serbaguna Lantai II Kantor Bupati Bulungan pada Kamis (3/6). Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si menyambut baik kegiatan yang memaparkan program dan langkah-langkah strategis dalam mencapai tujuan pembangunan pertanian baik secara umum maupun di Kabupaten Bulungan.

“Hal ini tentunya sejalan dengan visi Mewujudkan Kabupaten Bulungan yang Berdaulat Pangan, Maju dan Sejahtera,” ucap Bupati.

Kegiatan merupakan bagian dari tindak lanjut Naskah Perjanjian Hibah Daerah antara Pemkab Bulungan dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Timur, dalam rangka meningkatkan kerjasama khususnya dalam bidang penelitian, pengkajian dan  pengembangan pertanian. Bupati berharap, berbagai program dan kegiatan pembangunan pertanian dapat dipadukan menjadi suatu kesatuan yang utuh, baik dari perspektif sistem maupun kewilayahan, sehingga dapat mendorong tercapainya peningkatan daya saing komoditas, wilayah, serta kesejahteraan petani sebagai pelaku usaha tani di Kabupaten Bulungan.

Bupati turut memaparkan profil Kabupaten Bulungan yang merupakan bagian dari Provinsi Kalimantan Utara, memiliki luas wilayah kurang lebih 13.181,92 kilometer persegi yang terdiri dari 10 kecamatan, 81 desa dan 6 kelurahan, serta dengan jumlah penduduk sebanyak 139.733 jiwa.

Kabupaten Bulungan juga memiliki misi mewujudkan kedaulatan pangan yang kearifan lokal, memantapkan infrastutur pengembangan ekonomi rakyat dan memajukan kualitas hidup masyarakat melalui pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan, papar Bupati. Ditambahkan, dalam misi berdaulat pangan juga terdapat program prioritas seperti Mandau Tani, Satu Desa Satu Produksi serta Jaminan Hasil Produksi. (an/red)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

%d blogger menyukai ini: