Teguh Setyabudi, Sosok Yang energik, Mobile & Low Profile 

by Muhammad Aras

             Jakarta (25/9/2020). Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian secara resmi menunjuk empat pejabat di lingkungan Kementerian Dalam Negeri  dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur di empat provinsi yang akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) dimana gubernur dan wakilnya kembali maju dalam Pilkada Serentak 2020,  yaitu provinsi Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, Jambi.dan Kalimantan Utara. Penunjukan ini, akan menggantikan gubernur definitif yang cuti selama masa kampanye pada 26 September-5 Desember 2020.  Sesuai dengan aturan bahwa pejabat-pejabat yang ikut kontestasi lagi, otomatis perlu digantikan karena harus melaksanakan cuti kampanye untuk menjaga netralitas.

             Berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 121.65-2914 Tahun 2020 tentang Penunjukan Pjs Kaltara,  telah ditugaskan DR. Teguh Setyabudi, M.Pd sebagai Pjs Gubernur Kaltara, terhitung sejak dikukuhkan pada hari Jumat (25/9/2020).

             Teguh Setyabudi yang merupakan alumni S-1 di bidang Ilmu Pemerintahan UGM tahun 1991 dan S-2 di bidang Teknologi Pendidikan IKIP Negeri Jakarta (Universitas Negeri Jakarta) tahun 1997 merupakan pejabat eselon I di Kemendagri yang menjabat Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri  sejak Tahun 2016 sampai sekarang. Teguh ditunjuk menggantikan sementara Gubernur Kaltara Irianto Lambrie yang harus cuti kampanye di luar tanggungan negara. Irianto Lambrie dan juga wakilnya, Udin Hianggio, kembali maju sebagai calon gubernur pada Pemilihan Serentak Tahun 2020.

             Penugasannya  sebagai Penjabat Sementara Gubernur Kalimantan Utara merupakan amanah yang kedua kalinya untuk memimpin pemerintahan di tingkat provinsi pada masa pilkada. Sebelumnya Teguh Setyabudi peraih gelar Doktor Imu Pemerintahan (S3) di Institut Ilmu Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2020 dengan predikat cum-laude menjadi Penjabat Sementara Gubernur Sulawesi Tenggara pada tahun 2018 selama kurang lebih tujuh bulan. Oleh karena itu diharapkan dengan pengalamannya di birokrasi pemerintahan yang sudah 27 tahun, dan ditambah pengalamannya menjadi Penjabat Gubernur di Sulawesi Tenggara, diharapkan Teguh Setyabudi akan sukses pula dalam mengemban tugas sebagai Penjabat Gubernur di Kalimantan Utara.

               Teguh Seyabudi yang dilahirkan di Purwokerto  Banyumas Jawa Tengah, 53 tahun yang lalu merupakan anak keempat dari sembilan bersaudara  pasangan Bpk. Drs. H. Kardoyo (almarhum) dan Ibu Hj. Sulastri (almarhumah). Beliau mulai meniti karier sebagai PNS pada bulan januari 1993 dan megawali kariernya sebagai PNS di Badan Pendidikan dan Pelatihan. Begitu jadi PNS, berbagai kegiatan diklat, baik Diklat Teknis, Diklat Kepemimpinan maupun Diklat Fungsional banyak diikuti, dan itu menjadikannya dia semakin matang.  Berbagai seminar, workshop,dan lokakarya juga diikuti. Oleh karena itu, selain melaksanakan tugas di kantor, dia juga sering menjadi instruktur diklat, mengajar berbagai diklat di berbagai daerah. Pengalaman mengajar di berbagai daerah, menjadikan dirinya juga kenal persis berbagai daerah di Indonesia. Pada tahun 1996, seluruh Propinsi di Indonesia yang saat itu masih berjumlah 27 Propinsi sudah dikunjungi. Dan untuk saat ini 34 Propinsi di Indonesia sudah dikunjungi semua tidak terkecuali Provinsi Kalimantan Utara yang sudah dikunjungi beberapa kali., bahkan ratusan Kabupaten/Kota di Indonesia juga sudah didatangii, sehingga pengetahuan dan wawasan tentang berbagai daerah di Indonesia juga sudah  dikuasai.

           Hal lain yang dapat dilihat dari sosok Teguh Setyabudi yaitu sosoknya yang energik, mobile, easy going, tampil rapi dan ceria serta kelihatan lebih muda dari usianya.  Dalam keseharian di lingkungan kantor dia selalu tampil low profile, tidak jaim, tidak protokoler dan senang bergaul dengan berbagai kalangan tanpa membeda bedakan jabatan, umur dan latar belakang lainnya.  Oleh karena itu, bergaul dan berkomunikasi dengan Teguh Setyabudi relatif sangat menyenangkan. Hobi yang digeluti juga menarik, dia suka mengendarai jeep dan disaat longgar waktunya suka main offroad, nggowes (bersepeda), traveling ke berbagai tempat yang cukup menantang dan kalau di rumah di saat libur dia juga hobi memasak. Selain hobi itu, dia juga senang berorganisasi, pada tahun 2013 sd 2016 selain di struktural dia juga Ketua Pengurus Koperasi Praja Mukti Kemendagri, salah satu koperasi terbesar untuk lingkup Kementerian di tingkat pusat. Selain itu dia juga aktif dalam beberapa kegiatan khusus lainnya seperti Koordinator Offroad, menjadi Pembina Tim Basketball Kemendagri dan berbagai kegiatan lainnya. (humas.bpsdm.kemendagri)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: