ADB Tawarkan Bantuan ke Indonesia Pindahkan Ibu Kota

by Metro Kaltara

Jakarta, MK – Asian Development Bank (ADB) atau Bank Pembangunan Asia menawarkan bantuan bagi Indonesia dalam merencanakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Ibu kota baru harus didesain menjadi wilayah yang inklusif dan netral karbon.

“ADB siap membantu untuk merencanakan relokasi bersejarah ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Nusantara,” kata Wakil Presiden ADB Ahmed M. Saeed, Jumat, 18 Maret 2022.

ADB akan membantu Otorita IKN Nusantara dalam merancang, mengkaji potensi dampak lingkungan dan sosial, serta menggalang pembiayaan dari sumber pemerintah dan sektor swasta.

Sebagai langkah pertama, ADB menyelenggarakan konferensi internasional untuk mempelajari negara-negara lain dalam melaksanakan pembangunan kota yang netral karbon dan inklusif.

Menurut Saeed, membangun IKN Nusantara membuka peluang yang unik untuk menerapkan kajian dan pengalaman terkini mengenai aspek-aspek yang dapat membuat kota menjadi menyenangkan serta efisien untuk bekerja, tempat tinggal dan rekreasi.

“ADB akan membagikan pembelajaran internasional yang kami miliki untuk mendukung Otorita IKN Nusantara dalam mendesain dan mendanai pembangunan ibu kota baru,” pungkas dia.

(Des/medcom)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.