Andalkan Pensosmas untuk Tingkatkan Kualitas SDM Desa

by Muhammad Reza

PENYULUHAN SOSIAL : Kegiatan penyuluhan sosial di Desa Mara Satu, Bulungan, belum lama ini.

TANJUNG SELOR ‚Äď Para penyuluh sosial masyarakat (Pensosmas) diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di desa dengan mensosialisasikan berbagai program pemerintah. Ini disampaikan kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Heri Rudiyono yang ditemui di ruang kerjanya, Rabu (18/12).

Peranan tersebut, merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan seleksi calon relawan penyuluh sosial masyarakat yang dilakukan Juni lalu. Disebutkan Heri, pada tahun ini hanya Kabupaten Bulungan yang melakukan kegiatan itu. Dan, menjadi pilot project rekrutmen penyuluh sosial masyarakat di Kaltara. ‚ÄúDari seleksi Juni lalu, 21 orang lulus menjadi relawan penyuluh sosial masyarakat. Dan, mereka akan aktif melakukan penyuluhan sosial ke masyarakat,‚ÄĚ tuturnya.

Para relawan penyuluh sosial masyarakat merupakan ujung tombak dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang diharapkan dapat bersinergi pada seluruh lapisan atau potensi-potensi sosial yang ada di daerah dan meningkatkan pembangunan di bidang kesejahteraan sosial yang ikut mendukung keberhasilan program nasional dalam pemenuhan kebutuhan dasar.

Lebih jauh, untuk penyuluhan sosial sendiri, sejauh ini sudah dilakukan di 18 desa di Bulungan. ‚ÄúSasaran kegiatan penyuluhan sosial ini adalah Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang terdiri dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Karang Taruna, dan Organisasi Sosial,‚ÄĚ pungkasnya.(humas)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: