Antisipasi Penyebaran Corona, Gubernur Segera Kumpulkan Bupati/Walikota

by Muhammad Aras

Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu

TANJUNG SELOR, MK – Selain memberikan imbauan kepada masyarakat sehubungan dengan maraknya infomrasi terkait kondisi Virus Corona (2019-nCoV). Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambire dijadwalkan akan memimpin rapat koordinasi besar-besaran mengantisipasi meluasnya penyebaran Pandemi COVID 19-Corona di wilayah Kaltara. Dijadwalkan, rapat koordinasi dilakukan pada selasa 17 Maret 2020 bertempat di gedung Gabungan Dinas (Gadis) Kaltara, di Tanjung Selor.

Dengan mengundang seluruh Bupati/Walikota, para Dandim, Kapolda, Ketua DPRD, Kapolres, Danlantamal, Kajari, Kepala BIN Kaltara, semua pimpinan Rumah Sakit Umum (RSU) kabupaten/kota dan swasta, Instansi vertikal (Kabandara, pelindo dan lainnya). Serta Ormas, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Toko Adat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kaltara Usman mengatakan, Pemprov melalui Dinkes Kaltara  terus berupaya mencegah masuknya Virus Corona di Kaltara. Baik itu dengan cara semakin meningkatkan skrining di semua pintu masuk bandara dan pelabuhan, serta gencar memberikan edukasi ke masyarakat untuk berperilaku hidup sehat. “Upaya ini sejalan dengan petunjuk bapak Presiden Joko Widodo, agar melindungi warga yang masih sehat agat tidak sakit dengan cara memutus penularannya,” kata Usman.

Guna mengantisipasi penyebarannya, Dinkes Kaltara kembali menambah sebanyak 200 set alat pelindung diri (APD) berupa helm, jas, sarung tangan, pelindung muka, dan masker. Sebanyak 200 set APD tersebut, saat ini dalam proses pengiriman. Sebelum sebanyak 35 set APD telah dibagikan ke RS kabupaten dan kota.

Dinkes Kaltara juga telah menyiapkan dua rumah sakit rujukan jika terdapat warga yang positif Corona. Yakni, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan dan RSUD Kabupaten Bulungan. Memiliki tim reaksi cepat penanganan Coronavirus yang terdiri atas dokter spesialis, perawat dan dokter umum. Menyiapkan ruang isolasi sesuai dengan standar Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

DINKES HIMBAU MASYARAKAT JAGA DAYA TAHAN TUBUH

Pemprov Kaltara tengah berupaya menangkal dan mendeteksi sedini mungkin penyebaran virus corona. Usman mengungkapkan, kewaspadaan dini sangat diperlukan. Untuk itu, dalam pencegahannya tidak hanya pemerintah, tetapi juga melibatkan seluruh komponen masyarakat.

“Yang perlu kita lakukan adalah terus berhati-hati dan mewaspadai penyebaran berbagai penyakit termasuk virus corona yang sedang mewabah. Agar tidak sampai menulari diri kita dan keluarga kita.  Namun sekali lagi kembali saya tekankan bahwa kita tidak perlu panik dengan tindakan yang berlebihan seperti memborong masker dan antiseptik. Cukup jaga kebersihan dan daya tahan tubuh kita, kurangi kontak fisik yang tidak perlu dan sementara waktu tidak  dan bepergian terlebih dahulu,”kata Usman.

Dinkes Kaltara melibatkan 300 orang peserta yang terdiri dari Dinkes dan RSUD kabupaten/kota di Kaltara. Usman menambahkan bahwa Pemprov Kaltara terus berupaya melakukan berbagai langkah pencegahan dan pengendalian penyakit di masyarakat. “Tanpa kesehatan, segala yang kita miliki tidak akan berarti, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan masyarakat seperti faktor lingkungan, perilaku dam fasilitas kesehatan yang memadai,”jelasnya. (humas)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: